Wabup Natuna Dorong Swasembada Beras di Desa Air Lengit
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 19-10-2018 | 10:40 WIB
tanam-padi.jpg
Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti bersama Ketua DPRD Natuna Yusripandi dan Kepala Dinas Pertanian, Tengku Fauzan Tambusai serta pihak Bank Riau Kepri saat melakukan penanaman padi di Desa Air Lengit. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Pemerintah Kabupaten Natuna terus menggenjot sektor pertanian dengan cara meningkatkan hasil produksi padi. Kali ini, Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti menggandeng SMK Pertanian untuk bekerjasama dengan kelompok tani di Desa Air Lengit.

Kerja sama itu sudah dibuktikan melalui pengolahan lahan, pengolahan pupuk organik sampai dengan penanaman bibit padi. Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti bersama Ketua DPRD Natuna Yusripandi dan Kepala Dinas Pertanian, Tengku Fauzan Tambusai serta pihak Bank Riau Kepri turut ambil bagian dalam program tersebut.

Bersama puluhan pelajar SMK Pertanian, Wabup Ngesti menjadi yang pertama mengawali penanaman bibit padi, Kamis (18/10/2018) di Desa Air Lengit, Kecamatan Bunguran Tengah. Dengan lahan seluas lebih kurang satu Hektar, Ngesti berharap tanaman padi tumbuh subur dan menghasilkan gabah antara 5-7 ton.

Harapan itu bukan sekedar mimpi, tetapi juga didukung dengan usaha dan kerja tim yang solid.

Mulai dari pematangan lahan sawah oleh petani dan siswa SMK Pertanian. Pembuatan pupuk organik yang menggunakan bahan alamai.

"Alhamdulillah, dengan kerja keras serta dukungan pemerintah desa Air Lengit, maka program penanaman padi bersama SMK Pertanian bisa berjalan," ujar Wabup Ngesti, ditemui di pematang sawah, jalan Kebun Padi, Air Lengit, seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Kegiatan penanaman padi sampai dengan penyediaan pupuk organik tersebut, kata Ngesti, adalah program rangsangan dan selanjutnya jika berhasil akan terus dikembangkan oleh petani Air Lengit serta petani di kecamatan lainnya di Natuna.

Ke depan kata Ngesti, keberadaan lahan sawah di Natuna harus berproduksi. Dengan demikian, rencana program swasembada beras di Natuna akan terwujud. "Saya akan terus memantau pertumbuhan bibit padi ini. Jika perlu nanti kita panen sama-sama," tutupnya.

Diakhir acara, Wabup Ngesti meminjau pembuatan pupuk organik. Pupuk tersebut hasil produksi siswa SMK Pertanian bekerja sama dengan petani setempat. Rencana pupuk tersebut akan digunakan untuk penyuburan bibit padi hingga panen nanti.

Editor: Gokli