Cuaca Buruk hingga Kurangnya Pemahaman Masyakarat Jadi Kendala Vaksinasi Pulau Terluar Lingga
Oleh : Wandy
Sabtu | 16-10-2021 | 10:16 WIB
vaksinasi_lingga-minim-01.jpg
Vaksinator Lanal Dabo Singkep Lettu Laut (K) dr. Tamam Mubarak saat vaksinansi masyarakat. (Wandy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Menjadi vaksinator Covid-19 di wilayah kepulauan tentu tidak sama tugasnya dengan di wilayah daratan.

Wilayah kepulauan yang hanya bisa diakses menggunakan transportasi laut mengharuskan tim vaksinator menyiapkan mental kuat saat akan melakukan vaksinasi di daerah kepulauan walaupun saat kondisi cuaca kurang bersahabat.

Salah satu tantangan yang dialami vaksinator di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri adalah saat melakukan vaksinasi di pulau-pulau.

Jauhnya jarak antar pulau serta minimnya transportasi laut menuju daerah tersebut membuat tim vaksinator baik dari Pemkab Lingga, TNI dan Polri harus bekerjasama.

Sehingga beban biasanya transportasi laut menuju salah satu pulau bisa ditanggung bersama, meskipun jumlah warga di pulau itu sedikit.

Terkadang saat berangkat vaksinasi ke pulau cuaca sedang bersahabat dan pulangnya cuaca tidak bersahabat yang dibarengi dengan gelombang tinggi dan hujan.

Salah seorang vaksinator Lanal Dabo Singkep Lettu Laut (K) dr. Tamam Mubarak mengatakan, sulitnya transportasi laut serta kurangnya pemahaman masyarakat terkait vaksin yang menjadi hambatan.

"Ditambah lagi adanya berita hoax mengenai vaksin sehingga menjadi kendala utama bagi kami tim vaksinator untuk memberikan vaksin ke masyarakat khususnya di pulau-pulau," kata Tamam belum lama ini.

Namun dengan kesabaran dan setelah diberikan himbauan pentingnya vaksinasi serta bahayanya wabah Covid-19 oleh para tim vaksinator warga pun akhirnya mau di suntik vaksin.

"Kita imbau ke masyarakat bahwa vaksin ini aman. Disamping itu untuk membentuk kekebalan kelompok atau herd immunity dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia," jelas Tamam.

Berita hoax terkait vaksin Covid-19 ini terkadang membuat warga lebih memilih untuk melaut saat tim vaksinator datang. Namun dengan kegigihan tim vaksinator, melakukan jemput bola, mendatangi nelayan untuk memberikan pemahaman agar mau di vaksin.

Dan dalam waktu dekat juga tim vaksinator akan mendatangi kelong-kelong warga di perairan Lingga untuk melakukan vaksinasi kepada penjaga kelong yang jarang turun ke darat.

Editor: Yudha