Warga Desa Benan dan Desa Pulau Duyung Lingga Terima BLT Dana Desa
Oleh : Bayu Yiyandi
Jum\'at | 15-05-2020 | 08:36 WIB
blt-danadesa-lingga1.jpg
Penyerahan bantuan tunai langsung (BLT) Dana Desa di Kecamatan Katang Bidare Kabupaten Lingga. (Foto: Bayu)

BATAMTODAY.COM, Lingga - Warga terdampak Covid-19 di Dua Desa Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga yakni Desa Benan dan Desa Pulau Duyung menerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Penyerahan dilakukan langsung oleh Camat dan Kepala Desa masing-masing pada Kamis (14/5/2020) siang.

Kepala Desa Benan, Mar'at mengatakan bahwa penyerahan dana ini agak mengalami sedikit keterlambatan dari pihaknya. Keterlambatan karena adanya kendala dalam memvalidkan data penerima antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan desa, agar penerimanya tidak tumpang tindih.

Meski demikian dana tersebut tetap diserahkan kepada warga yang berhak menerima.

"Memang mencocokkan data itu tidak mudah. Dan sangat memakan waktu. Kita berusaha agar penerima bantuan tidak menerima double," katanya.

Ia pun berharap, apa yang telah diterima masyarakat sedikitnya dapat meringankan beban hidup selama bulan suci Ramadhan tahun ini. Mengingat begitu banyak kebutuhan dalam menyambut idul fitri, terutama bagi ibu-ibu rumah tangga.

"Semoga bantuan ini dapat dibelanjakan untuk kebutuhan menyambut hari raya. Ya minimal untuk kebutuhan sehari-hari," tuturnya.

Hal yang sama juga diutarakan Kepala Desa Pulau Duyung, yang berharap BLT dapat dipergunakan semaksimalkan mungkin oleh masyarakatnya.

"Semoga bantuan ini meringankan beban masyarakat," kata Pjs Kades Pulau Duyung, Naswer.

Sementara, Camat Katang Bidare, Safaruddin mengapresiasi atas penyerahan BLT tersebut. Meski Covid-19 telah mencederai banyak sektor, salah satu perekonomian. Namun tidak memutuskan tali silaturahmi, dan rasa kepedulian sesama.

"Memang agak beda sekali ini, karena kita dalam kondisi Covid-19, tapi kondisi ini tidak memutuskan tali silaturahmi kita. Kita tetap ikuti aturan protap yang sudah ada," katanya saat menyerahkan BLT secara simbolis.

"Semoga bantuan ini dapat dipergunakan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Saya juga mengungkapkan rasa maaf, karena tak lama lagi kita menyambut idul fitri," ujarnya.

Editor: Yudha