Jika Diberi Kesempatan Bantu BUMD, Apindo Optimis Perekonomian Karimun Bisa Meningkat
Oleh : Freddy
Kamis | 04-03-2021 | 20:04 WIB
wiryanto-Apindo-Karimun.jpg
Sekretaris Apindo Karimun, Wiryanto. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sekretaris Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Karimun, Wiryanto menyampaikan, pihaknya optimis bisa membantu meningkatkan perekonomian di daerah itu, jika saja diberi kesempatan membantu usaha yang dikelola BUMD.

"BUMD Karimun dan Apindo bisa saja kolaborasi kelola usaha yang selama ini dijalankan BUMD," kata Wiryanto, Kamis (4/3/2021).

Menurut Wiryanto, peranan BUMD cukup strategis dan dapat memberikan nilai ekonomi serta bisa memberikan andil bagi meningkatkan perekonomian, apalagi kalau Apindo bisa ikut serta dalam mengelola usaha dari BUMD tersebut.

"Kalau selama ini mungkin BUMD Karimun masih berjalan sendiri dalam mengelola usahanya dengan keterbatasan anggaran yang disuntikan Pemerintah Daerah, tetapi dengan menggandeng Apindo dimungkinkan bisa memberikan kontribusi bagi menambah pendapatan daerah," kata dia.

Ia menilai, Apindo dan BUMD Karimun sebenarnya bisa bersinergi dalam mengelola usaha, karena BUMD punya keterbatasan anggaran pemerintah.

Lanjutnya, Pemerintah Daerah berharap BUMD memberikan andil dan menambah pendapatan asli daerah, tentunya tidak akan mampu dengan anggaran pemerintah yang terbatas serta peraturan yang mengikat bagi BUMD dalam mengembangkan usahanya.

Untuk itu, Wiryanto berharap Direktur BUMD Karimun bisa membuka ruang bagi Apindo dalam melakukan pengelolaan kegiatan usaha yang dijalani BUMD, sehingga apa yang diharapkan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Karimun bisa terwujud.

Seperti diketahui, saat ini Pemerintah Kabupaten Karimun telah membuka kesempatan bagi kalangan profesional yang memiliki talenta, integritas tinggi dan berjiwa enterpreneur untuk menjadi calon direksi pada BUMD Kepelabuhan, Perusahaan Umum Daerah Tirta Mulia Karimun dan Perusahaan Umum Daerah BPR Tuah Karimun periode 2021-2026.

Editor: Gokli