Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

7 Nama Anggota KPID Kepri Diumumkan Kamis Mendatang
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 24-10-2017 | 19:51 WIB
calon-KPID-Kepri-oke.gif Honda-Batam

PKP Developer

Komisi III DPRD Kepri akhirnya menyelesaikan seluruh rangkaian fit and proper test seluruh calon komisioner KPID (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Komisi III DPRD Kepri akhirnya merampungkan seluruh rangkaian uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) 18 calon komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID), Selasa (24/10/2017).

Panelis dari Anggota Komisi III DPRD Kepri juga meminta ke-18 calon untuk memaparkan visi misi, serta harapan hingga termotivasi menjadi anggota komisioner penyiaran di Provinsi Kepri.

Ketua Komisi III Widiastadi Nugroho mengatakan, dengan rampungnya pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 18 calon, pihaknya akan segera menggelar pleno untuk memutuskan tujuh nama sebagai anggota KPID Kepri periode 2017-2010.

"Kami akan segera menggelar pleno, paling lambat hari Kamis akan kami serahkan ke pimpinan untuk segera di-SK-kan," kata Widiastadi usai menggelar uji kelayakan.

Widiastadi menambahkan, panitia seleksi (pansel) dalam melakukan penilaian memperhatikan setidaknya lima hal. Pertama adalah penguasaan materi makalah. Selanjutnya adalah penyampaian dan komunikasi calon komisioner.

"Yang tak kalah pentingnya, kami juga menguji penguasaan peraturan perundangan dan peraturan KPI. Ini penting, karena nantinya mereka akan menjadi pengawas," kata Widiastadi.

Ia menambahkan, Pansel juga menilai pemahaman komisioner terhadap kelembagaan Komisi Penyiaran Indonesia dan bagaimana penyiaran dalam pembangunan dan pemerintahan.



Dari delapan belas calon, ia menilai rata-rata para calon memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun demikian, pihaknya ingin komisioner terpilih adalah yang terbaik.

Adapun isu yang disoroti di dua hari itu antara lain tentang digitalisasi media dan proliferasi televisi. Selain itu, seluruh calon juga diuji tentang konten lokal dalam industri penyiaran di Provinsi Kepri.

Anggota DPRD Kepri yang menjadi penguji, antara lain Surya Makmur Nasution, Raja Bakhtiar, Asep Nurdin, Joko Nugroho, Raja Astagena, Sahmadin Sinaga, Irwansyah, Suryani dan Alex Guspeneldi.

Editor: Udin