Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BNI Luncurkan Kartu Khusus TKI di Singapura
Oleh : Gokli Nainggolan
Senin | 17-10-2016 | 10:02 WIB
indartobni.jpg Honda-Batam

Indarto, Wakil Kepala Cabang BNI Batam menunjukkan sampel KPIS. (Foto: Gokli Nainggolan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kedutaan Besar RI bekerjsama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) meluncurkan kartu khusus untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Singapura. Kartu itu berfungsi sebagai KTP sekaligus sebagai ATM untuk para TKI resmi.

Wakil Kepala Cabang BNI Batam, Indarto, menyampaikan, kartu yang berfungsi sebagai KTP dan ATM itu diberi nama Kartu Pekerja Indonesia Singapura (KPIS). Rencananya, KPIS itu mulai dibagikan ke TKI mulai bulan Desember 2016.

"Awal bulan September 2016 sudah dilakukan sotf launching di KBRI Singapura. Pendadtaran mulai bulan November dan Desember 2016 rencana sudah mulai dibagikan," ujar Indarto, baru-baru ini di Gedung Sumatera Promotion Center (SPC) Batam Center.

Dijelaskan Indarto, pemegang KPIS merupakan TKI resmi yang telah terdafatar di KBRI. Di mana, syarat untuk mendapatkan KPIS harus memiliki permit, paspor dan KTP daerah asal di Indonesia.

"Manfaat lain dari KPIS untuk memudahkan pelayanan dan perlindungan tenaga kerja, menerima informasi, penanganan pengaduan, mendapatkan promo atau diskon untuk berbagai produk dan pelatihan," jelasnya.

Saat ini, kata Indarto, KBRI di Singapura tengah melakukan pemutahiran data jumlah TKI yang diperkirakan mencapai 80 ribu orang. Data itu akan diintegrasikan ke BNI untuk membuka rekening tabungan dan mencetak KPIS.

"KPIS ini akan diserahkan melalui KBRI di Singapura," tutupnya.‎

Editor: Dardani