Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Perkembangan Terorisme

Indonesia, Filipina dan Malaysia Bahas Kerja Sama Trilateral Latihan Patroli Darat
Oleh : Redaksi
Sabtu | 15-09-2018 | 19:52 WIB
3-menhan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Menhan RI Ryamizard Ryacudu (kanan) bersama Menhan Filipina dan Malaysia. (Kemenhan)

BATAMTODAY.COM, Manila - Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu mengadakan Pertemuan Trilateral dengan Menteri Pertahanan Filipina Delfin N Lorenzana dan Menteri Pertahanan Malaysia Haji Mohamad bin Sabu pada Jumat ( 14/9/2018) di Manila, Fhilipina.

Pertemuan Trilateral ini membahas terkait kerja sama keamanan di kawasan khususnya dalam upaya menangkal dan mencegah berkembangnya ancaman terorisme dan radikalisme.

Menhan RI mengatakan, Indonesia, Filipina dan Malaysia sudah melaksanakan kerja sama patroli laut dan udara, ke depan akan dilanjutkan dengan kerja sama latihan patroli darat.

Kerja sama patroli laut, udara dan latihan darat itu ditujukan untuk membendung dan mengeliminir pengaruh infiltrasi DAESH dan segala bentuk aksi terorisme dan radikalisme yang berusaha merusak stabilitas keamanan di Asia Tenggara.

Menhan RI lebih lanjut dalam pertemuan tersebut menyampaikan, Indonesia memandang penting untuk dilaksanakannya kerja sama latihan darat antara ketiga negara. "Saya yakin Filipina dan Malaysia memiliki pandangan yang sama dengan Indonesia," ungkapnya, seperti dikutip situs resmi Kemenhan.

Kerja sama antara Indonesia, Filipina dan Malaysia sangat penting karena dibangun atas dasar nilai - nilai kebersamaan. Ketiga negara juga saling berbatasan sehingga masalah yang timbul dalam satu negara kemungkinan besar akan berpengaruh terhadap negara lainnya, seperti halnya ancaman terorisme dan radikalisme.

"Melalui pertemuan ini kita akan lebih bisa membahas lebih lanjut kerja sama trilateral, bagaimana langkah - langkah yang akan kita tempuh ke depan yang akan membawa dampak positif bagi terciptanya stabiltas keamanan di kawasan," kata Menhan RI.

Editor: Gokli