PKP

Kepri Salah Satu Daerah Penghasil Produk Kreatif Terbanyak

Bukalapak Jalin Kerja Sama dengan APPSI Bangun UKM di 34 Provinsi Indonesia
Oleh : Ismail
Sabtu | 15-09-2018 | 09:52 WIB
nurdin-bukalapak.jpg honda-batam
Tim Bukalapak saat bertemu Gubernur Kepri Nurdin Basirun di Graha Kepri, Kota Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tim Bukalapak yang telah menjalin kerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam kunjungan tersebut, Tim Bukalapak sebagai salah satu pasar daring (online marketplace) terkemuka di Indonesia, mengatakan akan terus berupaya mewujudkan komitmen untuk berkontribusi membangun Indonesia, khususnya Provinsi Kepri.

Co-Founder & President Bukalapak, Fajrin Rasyid, mengatakan, Bukalapak ingin berkolaborasi bersama jajaran pemerintah di 34 provinsi se-Indonesia untuk mewujudkan komitmen dalam mendorong pertumbuhan UKM di seluruh Indonesia.

Saat ini, lebih dari 4 juta Usaha Kecil Menengah (UKM) telah bergabung di Bukalapak, ditambah dengan jumlah pengguna yang mencapai 50 juta di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebagian besar komunitas pelapak juga berada di wilayah Kepri.

"Bukalapak mendukung kegiatan ekspedisi jalur darat 34 Gubernur di Indonesia ini karena memiliki cita-cita yang sama dengan kami yaitu untuk menaik kelaskan UKM di seluruh Indonesia. Bukalapak bersama APPSI melangkah bersama mengeksplorasi keunggulan setiap provinsi untuk membangun Indonesia menjadi lebih maju," jelasnya saat berhadapan dengan Gubernur Kepri di Graha Kerpi, Kota Batam, Jumat (14/9/2018) kemarin.

Selain itu, lanjut Fajrin, Bukalapak juga besar oleh komunitas pelapak yang tersebar di lebih dari 100 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia, termasuk Provinsi Kepri. Oleh karena itu, dirinya menilai saat ini pemerintah telah secara konsisten melakukan pembangunan infrastruktur untuk mendukung optimalisasi teknologi digital dan penerapan roadmap ekonomi digital di Indonesia.

Untuk itu, pihaknya berharap upaya untuk mendorong kemajuan para UKM di Kepulauan Riau mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah setempat. Kepulauan Riau merupakan salah satu provinsi dengan jumlah produk kreatif yang cukup banyak.

"Kami menyadari bahwa para UKM di seluruh Indonesia harus mulai meningkatkan kapasitas mereka untuk menghadapi kompetisi yang semakin kuat. Untuk itu, kami selalu melakukan pembinaan pada pelapak-pelapak kami khususnya yang tergabung dalam komunitas Bukalapak. Kami ingin menaik kelaskan para pelapak Bukalapak agar memberikan performa terbaik kepada para pembeli," harapnya.

Selain itu, Public Policy & Government Relation Manager Bukalapak, Luciana Dita menambahkan, Bukalapak secara konsisten membangun sistem dan teknologi yang dapat membantu berbagai macam UKM yang di seluruh Indonesia. Untuk itu, diharapkan dapat memberikan berbagai benefit yang dapat membantu para UKM untuk meningkatkan usaha mereka.

"Kami juga berharap mendapatkan sambutan yang baik di provinsi-provinsi selanjutnya yang akan kami datangi, sehingga dengan semakin kuatnya dukungan yang didapat untuk pengembangan UKM di Indonesia, maka kita bisa secara bersama-sama mewujudkan percepatan pemerataan perekonomian di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi," harapnya.

Sementara itu, Gubernur Kepri Nurdin Basirun menyambut baik komitmen yang disampaikan oleh Tim Bukalapak yang tergabung dalam APPSI. Menurutnya, salah satu komitmen Pemprov Kepri juga ingin meningkatkan perekonomian masyarakat dengan berwirausaha.

Dengan demikian, adanya tekonologi informasi yang diusung Bukalapak dapat membantu peningkatan perekonomian UKM dengan memanfaatkan tekonologi. "Mudah-mudahan dengan adanya ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kepri dengan pemanfaatan teknologi," kata Gubernur.

Untuk diketahui, Tim Ekpedisi Gubernur dari APPSI bersama Bukalapak telah mendatangi 4 provinsi untuk mengeksplorasi potensi tiap provinsi dan membantu menggerakkan potensi ekonomi di sektor UMKM.

Ekspedisi yang direncanakan oleh Ketua APPSI Soekarwo selesai dalam 133 hari, dan kan berlanjut ke 30 provinsi lain di seluruh Indonesia. Sementara di Provinsi Kepri, Tim Bukalapak mendapat paparan konsep Bunda Tanah Melayu dari Gubernur.

Editor: Gokli