Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Panwaslu Perkuat Pengawasan NgutTungSura Lewat Rakornas dan Bimtek
Oleh : Habibi Khasim
Kamis | 07-06-2018 | 19:28 WIB
rakornas-panwaslu.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Komisioner Panwaslu Tanjungpinang Muhamad Zaini dan Mas Furqan (2 dan 3 dari kanan), bersama Komisioner Bawaslu RI Muhammad Afifuddin (batik orange), Komisioner Bawaslu Kepri Idris (batik hitam panjang) beserta staf, dalam acara Rakornas Pilkada 2018, di Mercure Ancol Jakarta. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pilkada Kota Tanjungpinang 27 Juni 2018, tinggal menghitung minggu. Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara (NgutTungSura) merupakan klimaks krusial dalam tahapan Pilkada.

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Tanjungpinang akan memperkuat pengawas NguTungSura tersebut agar Pemilu berjalan sesuai yang diharapkan.

"Maka Panwaslu Kota Tanjungpinang telah mempersiapkan strategi dan penguatan pengawasan sebagai upaya antisipasi dan pencegahan terhadap potensi pelanggaran dan kecurangan," tegas Muhamad Zaini, Komisioner Panwaslu Kota Tanjungpinang, Kamis (7/6/2018).

Zaini menjelaskan, Panwaslu telah mendapatkan arahan dan penguatan pengawasan dari Bawaslu RI dalam agenda Rapat Koordinasi Nasional Persiapan Pengawasan Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi Suara Pilkada 2018, pada akhir Mei lalu di Hotel Mercure Ancol Jakarta.

Bahkan dilanjutkan penguatan jajaran pengawasan dengan agenda Bimbingan Teknis bagi Panwascam dan PPL (4/6/2018) serta Pengawas TPS se-Tanjungpinang (5/6/2018) di Hotel Bintan Plaza Tanjungpinang.

Lebih lanjut, Zaini menegaskan, penguatan pengawasan dari Bawaslu RI dan arahan yang juga disampaikan kepada jajaran Panwascam, PPL dan Pengawas TPS, bahwa strategi fokus pengawasan sudah mulai dilakukan sebelum pemungutan suara, pada saat pemungutan suara, penghitungan suara dan rekapitulasi suara.

Adapun fokus pengawasan sebelum pemungutan suara yang berpotensi dengan berbagai pelanggaran, di antaranya; kampanye pada masa tenang, politik uang, netralitas ASN, mobilisasi pemilih, ketidaksiapan logitik dan TPS, keterlambatan distribusi formulir C-6 undangan pemilih dan pengumuman hari pemungutan suara.

Pengawasan pada hari pemungutan suara, di antaranya; memastikan akurasi daftar pemilih, ketersediaan logistik, ketaatan prosedur, netralitas penyelenggara, optimalisasi pelayanan kepada pemilih.

Secara umum, potensi masalah dalam pemungutan suara, di antaranya; ketidak akuratan pemeriksaan logistik pemungutan suara, potensi pemilih memberikan suara lebih dari satu kali, potensi KPPS mencoblos kelebihan sisa surat suara, potensi politik uang, intimidasi dan mobilisasi pemilih.

Sedangkan fokus pengawasan penghitungan suara, yaitu; kesesuaian prosedur penghitungan suara, integritas, netralitas dan ketepatan pengitungan suara, serta salinan C-1 (sertifikat hasil penghitungan perolehan suara) yang benar dan akurat.

Pada tahap ini, potensi masalah yang harus diantisipasi, dengan memastikan suara sah dan tidak sah, ketidakakuratan dalam penghitungan suara, ketidakcermatan KPPS dalam membuat salinan C-1, potensi KPPS tidak memberikan salinan C-1 ke saksi dan PPL.

Termasuk pengawasan pergerakan kotak suara yang dalam kondisi disegel, pengirimannya yang dalam pantauan pengamanan.

Sebagai upaya pencegahan, akan dilakukan rekapitulasi salinan C-1 diseluruh TPS oleh PPL, lalu hasilnya dikirimkan ke Panwascam, Panwaslu, dan dilaporkan ke Bawaslu. Sehingga akurasi hasil perolehan suara tetap terjaga.

Selain memberikan alat kerja dan kalender pengawasan, bahkan Bawaslu RI telah menyiapkan Sistem Pelaporan Online Pilkada 2018 (SISLO), untuk melaporkan hasil perolehan suara dan hasil pengawasan, lalu langsung diupload pada hari H, secara berjenjang mulai dari 317 Pengawas TPS, PPL, Panwacam, Panwaslu. Sehingga Bawaslu akan langsung mengetahui hasil perolehan suara berdasakan C-1 dan berbagai pelanggaran di lapangan.

"Jika ada potensi kekeliruan atau manipulasi suara, dan pelanggaran akan mudah diketahui," katanya.

Panwaslu mengimbau kepada semua pihak, warga, mahasiswa, lembaga pemantau, ormas, stakeholder, dan siapa pun yang peduli dengan Pilkada yang bersih dan berkualitas, untuk turut bersama mengawasi proses tahapan Pilkada, serta cegah dan laporkan berbagai potensi pelanggaran dan kecurangan.

Sesuai dengan motto 'Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu'. "Semoga Pilkada berlangsung secara damai, bersih, berkualitas dan bermartabat. Tetapi jika ada temuan atau laporan kecurangan dan pelanggaran, maka Panwaslu akan segera menindak secara tegas sesuai dengan perundangan dan peraturan," kata Zaini.

Editor: Gokli