Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Buah yang Setara dengan Kurma untuk Menu Berbuka Puasa
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 01-06-2018 | 18:52 WIB
mangga-setara-kurma.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Berbuka dengan kurma aih, nikmatnya. Kurma mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral. Kurma diketahui membantu kerja saluran pencernaan dan mencegah sembelit, memberi energi dalam waktu singkat, mencegah kanker, serta mengurangi radang.

Sayangnya, Indonesia bukan negara penghasil kurma. Jika kurma sedang susah didapat, buah apa yang memiliki nilai gizi setara dengan kurma?

Spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Saint Carolus Jakarta, dr. Laurentius Aswin Pramono, SpPD, M.Epid, menjelaskan, "Selain kurma, mangga baik, kalau semangka terlalu banyak air. Pisang kadar airnya kurang namun mineralnya seperti kalium dan natrium sangat banyak. Buah yang menyamai kurma untuk berbuka saya rekomendasikan mangga dan pepaya."

Pepaya dan mangga mudah didapat. Harganya pun lebih terjangkau. Pepaya sejak dulu juga dikenal baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

Laurentius mengingatkan, salah satu problem yang patut diantisipasi saat puasa yakni dehidrasi yang berujung panas dalam. Anda harus bisa membedakan panas dalam dan demam.

"Panas dalam bisa menyebabkan demam, gejalanya seperti demam. Namun belum tentu demam disebabkan oleh panas dalam. Demam bisa jadi gejala sebuah penyakit. Demam juga menyebabkan hal lain misalnya bisul, tifus, dan demam berdarah," beber Laurentius di Jakarta, belum lama ini.

Sumber: Tabloidbintang.com
Editor: Gokli