Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemilu 2019, Pemilih Pemula Kota Tanjungpinang Sebanyak 2.820 Jiwa
Oleh : Habibi
Kamis | 31-05-2018 | 18:04 WIB
robi-patria-ketua-kpu-tanjungpinang3.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria. (Foto: Habibi)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Hasil sinkronisasi data pemilih terbaru untuk pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum Kota Tanjungpinang mencatat ada sebanyak 2.820 pemilih pemula yang menggunakan hak pilih pada Pemilu tanggal 17 April 2019.

"Data tersebut hanya untuk pemilu 2019 yang sudah terekam berdasarkan data yang kita peroleh dari pusat," kata Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria, Kamis (31/5/2018).

Kemudian, sambung Robby, data pemilih pemula untuk pilkada Tanjungpinang 27 Juni 2018 nanti, sebanyak 10.488 mulai dari 17 tahun hingga 20 tahun.

Menurut Robby, jika digabung pemilih pemula pilkada dengan pemilih pemula pemilu 2019 jumlahnya sekitar 13.307 pemilih yang terdaftar.

"Ini pemilih muda yang memiliki hak pilih. Biasanya pendekatan agar mereka mau menggunakan hak pilih tentu agak beda dengan pemilih yang sudah pernah menggunakan hak pilih.Tentu partai dan pasangan calon harus pandai pandai mendekati mereka agar mau menggunakan hak pilih," ujarnya.

KPU Tanjungpinang, jelasnya, sudah berusaha melakukan pendekatan melalui kampus, sekolah, maupun iklan di radio, tv, dan kegiatan lainnya agar mereka mengerti pentingnya menggunakan hak pilih.

"Bisa kita kategorikan pemilih melenial. Jumlah yang sangat banyak di pilkada," tuturnya.

Sejauh ini, kata dia, proses pemilihan pilkada Tanjungpinang masih berjalan dengan baik.Dan KPU Tanjungpinang berusaha untuk meningkatkan partisipasi oemilih.Sehingga debat ketiga yang dibuat KPU Tanjungpinang lebih ke informasi teknologi, reformasi birokrasi, isu kependudukan.

Dengan isu tersebut, pemilih pemula yang sangat familiar dengan teknologi informasi dapat memahami visi misi calon ketika mereka melihat debat Paslon.

Editor: Yudha