Pendaftaran SD dan SMP Dimulai Awal Juli
Oleh : Habibi Khasim
Kamis | 17-05-2018 | 19:52 WIB
anak-sekolah.jpg honda-batam
Ilustrasi anak-anak kembali ke sekolah. (Foto; Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Penerimaan siswa baru (PSB) di Tanjungpinang akan dilakukan pada awal Juli 2018. Kepala Bidang Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Tamrin Dahlan mengatakan penerimaan siswa baru khusus untuk jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) akan dilakukan pada tanggal 2-7 Juli 2018.

Tamrin mengatakan, sistem PSB tahun ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana siswa diperkenankan untuk mendaftar ke sekolah yang diinginkan, namun harus sesuai dengan zona yang telah diberikan.

"Masih dengan sistem zonasi, jadi setiap SMP harus menerima dan mengutamakan siswa yang berada di wilayah sekolah tersebut," kata Tamrin, Kamis (17/5/2018).

Tamrin mengaku saat ini memang masih menggunakan sistem formulir. Padahal dibeberapa daerah telah mendaftar sekolah dengan sistem online. Hal itu karena keterbatasan alat dan juga pembaharuan data, makanya Disdik belum dapat menerapkan penerimaan siswa baru dengan sistem online.

"Seperti tiga tahun terakhir, pendaftaran masih dengan mengisi formulir di sekolahnya langsung," tutur Tamrin.

Dekatnya lokasi yang masih dapat ditempuh, menurutnya, tidak membuat sistem pendaftaran online harus segera diterapkan di Tanjungpinang. Apalagi, pendafataran dengan cara manual dirasa lebih memudahkan bagi sebagian besar kalangan masyarakat Tanjungpinang.

Sehingga orang tua calon murid, dapat langsung mendatangi sekolah yang diinginkan. Lalu melanjutkan pendaftaran dengan mengisi formulir, dan memenuhi persyaratan yang harus dilengkapi.

Tamrin kemudian menambahkan, pada pendaftaran SD dan SMP tahun ini, menerapkan jumlah maksimal mengikuti ketentuan kementerian. Yakni 32 murid dalam satu rombongan belajar.

Editor: Dardani