PKP

Tuntut Kesetaraan Gender, Perempuan-perempuan Tangguh Ini Audiensi ke DPRD Kepri
Oleh : Ismail
Selasa | 13-03-2018 | 19:14 WIB
rapat-kesetaraan-gender.jpg honda-batam
Dinas DP3APPKB Kepri bersama sejumlah lembaga perempuan, mengadakan audiensi di Ruang Serbaguna Lantai III DPRD Kepri (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kepri bersama sejumlah lembaga perempuan mengadakan audiensi di Ruang Serbaguna Lantai III DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Senin (12/03/18).

Audiensi yang juga diikuti oleh para Legislator perempuan di DPRD Provinsi Kepulauan Riau itu, membahas tentang Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kepri.

Kepala DP3APPKB Kepri, Misni, mengungkapkan, sebagaimana diamanatkan dalam Perda Nomor 7 Tahun 2011, maka perlu dilakukan peningkatan kerja sama dan jejaring dalam mengoptimalkan potensi sumber daya perempuan yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Khususnya, antara organisasi kewanitaan serta Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan DPRD Provinsi Kepulauan Riau.

Oleh karena itu, melalui forum ini merupakan salah satu upaya untuk menyatukan persepsi antarsesama lembaga perempuan dalam pembangunan. Baik itu dalam keluarga, lingkungan, maupun dalam kontribusinya untuk pemerintahan.

"Acara audensi ini diharapkan akan dapat menyatukan persepsi tentang langkah-langkah strategis mempercepat pembangunan Provinsi Kepri yang berkeadilan gender. Khususnya kepada organisasi perempuan serta lembaga pemberdayaan perempuan dengan DPRD Provinsi Kepuluan Riau," kata Misni.

Ia juga menjelaskaan, PUG yang dimaksudkan di sini adalah, strategi yang dilakukan secara rasional dan sistimatis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia (rumah tangga, masyarakat dan negara).

Untuk itu, dalam forum ini juga dibahas kebijakan dan program yang memerhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program di berbagai bidang kehidupan dan pembangunan.

Forum ini dihadiri para Srikandi DPRD Kepri, di antaranya, Yuniarni Pustoko Weni, Asnah, Susilawati, Suryani, dan Ririn Warsiti.

Editor: Udin