Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sekarang Saatnya Bicara Tentang Indonesia yang Bersatu...
Oleh : Irawan
Selasa | 13-03-2018 | 12:38 WIB
zulkifli-hasan1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Zulkifli Hasan dalam diskusi bersama wartawan parlemen di Press Room Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (12/3/2018) (Foto: Irawan)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, mengajak semua pihak untuk bicara tentang Indonesia yang bersatu dan tidak lagi membedakan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), mayoritas-minoritas, menyebarkan hoax, ujaran kebencian dan lainnya.

"Jangan lagi isunya soal agama, suku, mayoritas-minoritas. Itu sudah kuno. Kita harus bicara Indonesia di mana semua orang memiliki hak dan kesempatan yang sama," ujar Zulkifli Hasan dalam diskusi bersama wartawan parlemen di Press Room Komplek Parlemen, Jakarta, Senin (12/3/2018).

Menurut Zulhasan sapaan akrab Zulkifli Hasan, kita harus ke luar dari situasi seperti itu. Sebab, kalau selalu seperti sekarang dipenuhi dengan isu suku, agama, mayoritas-minoritas dan lainnya, Indonesia tidak akan beranjak maju.

"Kalau keadaannya masih seperti ini, maka akan ada sekelompok atau segelintir orang yang akan mengadu-domba dan memecah belah dan meyakinkan kita bahwa kita bisa diadu-domba," tegasnya.

Karena itu, ada kasus penyerangan terhadap ulama, pastor, karena ada keyakinan bahwa masyarakat kita bisa diadu-domba.

"Karena itu saya berpendapat bahwa kita harus ke luar dari apa yang terjadi sekarang ini. Seperti sudah disepakati, kita tidak lagi bicara soal suku, agama, ras, antargolongan. Tapi kita bicara tentang Indonesia yang setiap orang memiliki kesempatan dan hak yang sama di negeri ini," kata Zulhasan.

Dia menambahkan, maju atau mundurnya sebuah negara tergantung bagaimana mengelola negara itu. Singapura yang tidak memiliki perkebunan sawit atau tambang saja, katanya lagi, bisa maju.

Korea Selatan dan Korea Utara memiliki etnis, suku yang sama, tapi Korea Selatan lebih maju dari Korea Utara.

"Kita harus bicara Indonesia yang bersatu. Mereka yang hebat adalah mereka yang bisa memajukan negeri ini. Kita harus melangkah ke sana sehingga kita bisa melawan SARA, hoax, radikal, dan lainnya," pungkasnya.

Editor: Udin