Jelang Penilaian Adipura, Pemkab Karimun Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan
Oleh : Wandy
Jum\'at | 09-03-2018 | 08:38 WIB
sosialisasi-adipura1.jpg honda-batam
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun menggelar sosialisasi persiapan penilaian Adipura di ruang rapat Kantor Bupati Karimun, Kamis (8/3/2018). (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun menggelar sosialisasi persiapan penilaian Adipura di ruang rapat Kantor Bupati Karimun, Kamis (8/3/2018).

Kegiatan sosialisasi tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Karimun, OPD Lurah se-Kecamatan Karimun, Perusda Karimun, Bea dan Cukai, Polres Karimun, Kepala Sekolah Tingkat SD, SMP dan SMA.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun Eryadi mengatakan, sebelum penilaian pihaknya mengundang Peningkat, Pengendalian, Pembangunan Ekologion (P3E) Wilayah Sumatra, guna memberikan pengarahan terkait apa yang harus dibenahi terkait penilaian Adipura.

"Mereka ini merupakan perpanjangan tangan dari Kementrian Lingkungan Hidup, berdasarkan hasil evaluasi mereka untuk Karimun ada peningkatan dari tahun lalu. Saat ini menurut mereka sudah terlihat aura kota Adipura," kata Eryadi.

Ada beberapa indikator yang menjadi penilaian seperti kebersihan di jalan raya, pertokoan tingkat kebersihannya harus dijaga, sekolah, serta tempat pembuangan akhir (TPA).

Di samping membahas persiapan penilaian Adipura, ini berkaitan dengan program Menteri Lingkungan Hidup tentang persiapan tiga bulan bersih sampah (TBBS) dalam rangka Hari Sampah Nasional 2018 yang dimulai sejak 21 Januari hingga 21 April 2018.

"Dimana gerakan TBBS tersebut berbentuk sosialisasi tentang sampah, kampanye terkait kebersihan dalam pengolahan sampah, serta menggerakkan masyarakat untuk bergotong royong dalam membersihkan sampah," paparnya.

Terkait adanya kekurangan dalam penilaian Adipura, Eryadi mengatakan, hanya tinggal pembenahan, sebab ada beberapa tempat yang masih harus diperhatikan agar penilaian tidak berkurang.

"Saya berharap semua elemen masyarakat ayo bersama-sama kita bersihkan lingkungan, terutama di rumah masing-masing agar tidak membuang sampah sembarang tempat, sebab kebersihan merupakan sebagian dari iman," ungkapnya.

Editor: Yudha