Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Segera Ganti Wiper Mobil Kamu Bila Timbul Beberapa Tanda Ini
Oleh : Redaksi
Selasa | 27-02-2018 | 14:14 WIB
wiper11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi wiper mobil. (Foto: Metrotv)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Supaya jarak pandang tetap maksimal saat hujan, pada mobil dilengkapi dengan teknologi wiper. Kerap kali, benda ini kurang menjadi perhatian karena memang baru teringat ketika turun hujan.

Padahal, keputusan yang diambil pengemudi selalu berdasarkan pengelihatan sopir. Jelas, wiper memiliki peran krusial dalam menunjang keselamatan berkendara di tengah hujan.

Benda ini pun memiliki masa pakai, sehingga harus diganti secara berkala. Berikut merupakan tanda-tanda yang muncul saat wiper harus diperdarui.

1. Timbul garis-garis air
Gunakan penyemprot otomatis pada mobil atau dari sumber lain dan aktifkan wiper. Jika muncul banyak garis-garis air dan penglihatan cenderung buram karena cahaya yang melalui kaca menjadi bias, maka wiper mobil kamu harus diganti.

2. Wiper berisik dan berubah bentuk
Bunyi decitan ketika wiper tengah aktif juga merupakan salah satu tanda wiper sudah aus. Wiper yang sudah rusak atau tidak layak pakai memiliki pinggiran yang tidak rata, karetnya cenderung keras dan pecah-pecah.

3. Tetap lakukan perawatan
Meskipun wiper kamu masih baru, tetap lakukan perawatan supaya usianya lebih panjang. Bersihkan wiper dengan air bersih dan hindari menggosok dengan lap. Bisa jagu kamu menambahkan cairan khusus untuk memberi efek licin yang memudahkan kerja wiper.

Sumber: Otosia.com
Editor: Yudha