Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketua PPAL Sosialisasi Program Kerja dan Paparan Buku Maritim Review 2017 di Lantamal IV Tanjungpinang
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Jumat | 12-01-2018 | 09:54 WIB
Serahkan-buku.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ketua Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL), Laksamana Madya TNI (Purn) Djoko Sumaryono, menyerahkan buku Maritim Review 2017 kepada Komandan Lantamal (Danlantamal) IV, Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno SE MM (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL), Laksamana Madya TNI (Purn) Djoko Sumaryono, memberikan sosialisasi tentang program kerja PPAL dan paparan buku Maritim Review 2017 kepada seluruh personel Lantamal IV, baik militer maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lantamal IV, Jalan Yos Sudarso No.1, Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepri, Kamis (11/1/2018)

Komandan Lantamal (Danlantamal) IV, Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno SE MM, dalam kesempatan tersebut mengatakan, kebijakan untuk mewujudkan Indonesia sebagai 'Poros Maritim Dunia' bukan satu hal yang dapat dicapai dengan mudah. Melainkan menuntut peran aktif dari seluruh komponen bangsa, termasuk peran TNI Angkatan Laut dan PPAL.

Melalui rilis yang disampaikan ke redaksi BATAMTODAY.COM ini, Danlantamal IV mengharapkan peran TNI Angkatan Laut dan PPAL dapat mewujudkan karya nyata dalam mendukung pencapaian visi membangun Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia itu.

lebih jauh Danlantamal IV ini mengatakan, salah satu peran PPAL dalam mendukung kebijakan Poros Maritim Dunia dapat berupa sumbangsih buah pikir yang diperoleh melalui kajian dan diskusi. Dan salah satu kegiatan yang dilaksanakan PPAL adalah berupa pelaksanaan 'Focus Group Discussion' yang membahas permasalahan mendasar di laut sebagai prasyarat terwujudnya negara maritim yang maju.

Selanjutnya hasil 'Focus Group Discussion' disusun dalam bentuk penerbitan buku 'Maritime Review' ini.

Makna penting penerbitan buku ini yakni sebagai bahan evaluasi terhadap peran PPAL dalam mendukung mewujudkan visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dan sebagai bahan informasi sekaligus untuk menyamakan persepsi dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Sementara itu Ketua PPAL, Laksamana Madya TNI (Purn) Joko Sumaryono, dalam materi sosialisasinya menyampaikan tentang karakter dan fitur PPAL, visi dan misi, nilai inti dan kaidah penuntun.

Selanjutnya diterangkan juga mengenai 'program look down' yang meliputi bantuan sosial kesehatan dan renovasi rumah untuk anggota, kemandirain ekonomi dalam bentuk kerja sama dengan Balurjalbar serta fasilitas pemakaman.

Terkait dengan paparan buku 'Maritim Review 2017', Ketua PPAL mengatakan tradisi PPAL setiap tahun mereview kejadian yang terjadi di laut tahun berjalan untuk dicarikan solusi agar tahun depan tidak terjadi kembali.

Dijelaskan secara singkat bahwa buku Maritim Review 2017 merupakan momentum untuk menyelesaikan masalah yang mendasar di laut sebagai persyaratan terwujudnya negara maritim yang maju. Masalah yang mendasar tersebut antara lain keselamatan di laut, kesejahteraan nelayan, pertahanan keamanan diplomasi maritim, tata kelola kelembagaan di laut dan budaya maritim.

Seusai pelaksanaan sosialisai dan paparan Buku Maritim Review 2017, Ketua PPAL bersama Danlantamal IV meresmikan Kantor PPAL Wilayah IV Tanjungpinang yang berada di Jalan Kesarian.

Peresmian kantor tersebut ditandai dengan penyerahan kunci kantor dari Danlantamal IV kepada Ketua PPAL Wilayah IV Tanjungpinang serta pembukaan tirai papan nama kantor PPAL Wilayah IV Tanjungpinang.

Kegiatan tersebut dihadiri Wadan Lantamal IV Karumkital Dr Midiyato Suratani, para Asisten Danlantamal IV, Komandan Wing Udara II, Para Danlanal, Danlanud TPI, Kepala Dinas dan Komandan di lingkunang Lantamal IV, serta Ketua PPAL Wilayah IV Tanjungpinang, Mahasiswa Fakultas Teknik Umrah dan anggota PPAL Wilayah IV Tanjungpinang.

Editor: Udin