Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

SPS Gelar Penghargaan Cover Koran di Padang
Oleh : Redaksi
Kamis | 11-01-2018 | 18:02 WIB
ketua_sps_pusat.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Direktur Eksekutif SPS Pusat Asmono Wikan (kiri) bersama dengan dengan Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Padang - Mengulang kisah sukses penyelenggaraan sejak 2010, Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat kembali akan menyelenggarakan acara puncak tahunan bagi para kreator Sampul Wajah industri media cetak nasional (IPMA), majalah inggriya (INMA), pers mahasiswa (ISPRIMA), serta desain rubrik anak muda suratkabar se-Indonesia (IYRA). Tahun ini, IPMA memasuki tahun kesembilan, kemudian INMA untuk ketujuh kalinya. Sementara IYRA kelima kali dan ISPRIMA memasuki tahun ketujuh.

Padang, Sumatera Barat, pada 7 Februari mendatang bakal menjadi destinasi penyerahan Awards paling bergengsi bagi Industri Media Cetak nasional untuk tahun 2018. Sekaligus pencapaian paripurna bagi korporasi dan lembaga negara di bidang publikasi internal.

Mengusung tema besar 'Kreativitas Tanpa Batas di Era yang Terus Berubah', pagelaran IPMA 2018 yang akan dibarengi dengan penyelenggaraan InMA, IYRA, dan ISPRIMA dalam satu rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) itu, mengisyaratkan sebuah pesan mendalam, bahwa meski industri media cetak sedang berada dalam kondisi kurang bagus, namun kepercayaan publik terhadap media cetak harus terus dijaga dan ditingkatkan.

Standarisasi perusahaan pers cetak menjadi ukuran kepercayaan publik dan pasar ke depan terhadap sebuah perusahaan pers. "Melalui standarisasi ini momentum kebangkitan industri media cetak pada tahun 2018 diharapkan dapat terwujud, termasuk peningkatan kualitas karya-karya sampul muka media cetak di seluruh Indonesia," ungkap Direktur Eksekutif SPS Pusat Asmono Wikan.

Dari tahun ke tahun, penyelenggaraan IPMA, InMA, IYRA, dan ISPRIMA terus menyedot perhatian penerbit media cetak maupun korporasi dan organisasi non media cetak. Tahun ini IPMA bakal diikuti oleh 363 cover suratkabar, tabloid, dan majalah komersial.

Sementara IYRA mendatangkan 118 entri rubrik anak muda suratkabar harian. Selanjutnya INMA menarik minat 189 entri cover majalah internal perusahaan, lembaga negara, dan kementerian. Adapun ISPRIMA diikuti oleh sekitar 70 entri cover pers mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Diharapkan hingga penjurian pekan depan, total entri bisa mencapai lebih dari 800 buah. "Fakta masih tingginya peminat kompetisi ini menegaskan, bahwa penerbit media cetak terus konsisten melakukan perubahan untuk mengakomodasi pasar yang terus berubah. Setidaknya menjadikan cover media mereka menarik perhatian pembaca," imbuh Asmono.

Tak kurang dari 400 pimpinan perusahaan pers se Indonesia, tokoh-tokoh pers nasional, dan pimpinan humas korporasi dan lembaga pemerintah, akan menghadiri malam penghargaan IPMA, INMA, IYRA, dan ISPRIMA ini.

"Bahkan insya Allah Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah akan turut hadir, memberi sambutan, sekaligus menyerahkan sejumlah trophy bagi pemenang bersama Ketua Umum SPS Pusat Dahlan Iskan," lanjut Asmono yang hari ini (10/1/18) berada di Padang untuk mengecek persiapan penyelenggaraan acara tersebut.

Jadi, siapakah yang bakal menjadi pemenang IPMA, INMA, IYRA, dan ISPRIMA 2018, tunggu tanggal mainnya di Padang 7 Februari yang akan datang.

Editor: Dardani