Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PHK Sepihak Tanpa Pesangon

Belasan Karyawan PT Pan Baruna dan PT Starmata Pratama Geruduk Kantor Disnaker Batam
Oleh : CR-17
Selasa | 05-12-2017 | 13:15 WIB
demo-disnaker1.gif Honda-Batam

PKP Developer

Karyawan demo kantor Disnaker Kota Batam. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Belasan mantan karyawan PT Pan Baruna dan PT Starmara Pratama mendatangi Kantor Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam, Selasa (5/12/2017) pagi.

Didampingi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Batam, para pekerja distributor tunggal produk Indofood ini meminta Disnaker Batam dan Pengawas Disnaker Provinsi Kepri memfasilitasi dan mendesak perusahaan agar membayar pesangon karyawan tetap dan kontrak yang di PHK sepihak tanpa pesangon.

"Perusahaan mekakukan PHK terhadap rekan-rekan kami, tanpa nemberikan pesangon dan alasan PHK tersebut. Selain itu para pekerja kontrak di perusahaan itu, juga dipaksa untuk bekerja melebihi batas waktu bekerja mereka," ujar Jhonner Sirait, Ketua DPC SBSI Batam.

Tidak hanya melakukan orasi di depan Kantor Disnaker, para pekerja ini juga membawa satu buah keranda sebagai bentuk matinya hati nurani, serta seekor bebek yang diserahkan kepada para Pengawas Perusahaan Dari Disnaker Provinsi Kepri.

"Apabila para pengawas tidak berani mengambil tindakan, maka kalian tidak lebih seperti bebek ini yang takut terhadap yang lebih besar," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Disnaker Kota Batam Rudi Syakirti tampak tidak ada untuk menemui para pekerja tersebut. Selain meneriakan agar Kadisnaker menemui mereka, para pekerja masih tetap bertahan di depan kantor Disnaker Batam.

Editor: Yudha