Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringatan HKN, Nurdin Gaungkan Pentingnya Terapkan Pola Hidup Sehat
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 14-11-2017 | 08:26 WIB
nurdin-hkn1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Gubernur Kepri Nurdin Basirun usai upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN). (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) tingkat Provinsi Kepri, dilaksanakan dengan upacara bendera oleh Dinas Kesehatan, Pegawai Rumah Sakit Provinsi Kepri, serta sejumlah dokter, di halaman Gedung Daerah Kota Tanjungpinang, Senin (12/11/2017).

Gubernur Provinsi Kepri yang tampil sebagai inspektur upacara, dalam amanahnya mengatakan peringatan HKN di Provinsi Kepri hendaknya menjadi momentum dalam merepleksikan pengabdian petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya berharap, momen HKN ini bisa merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pemerintah melalui insan kesehatan (paramedis) dalam mewujudkan pembangunan di bidang kesehatan," ujarnya.

Selain itu, Nurdin juga menguatkan kembali komitmen pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di bidang kesehatan, dengan memberikan pelayanan yang baik untuk mewujudkan keluarga dan masyarakat yang sehat.

"Makanya saya beritahukan, jika gubernur, bupati dan wali kota melakukan sidak, hal itu bukan untuk mencari kesalahan. Tapi dalam rangka menegakkan komitmen. Dan kita semua harus selalu siap menerima segala kritik dan saran untuk kebaikan bersama," tuturnya.

Kepada semua peserta, Nurdin juga menekankan pentingnya upaya pencegahan dalam pelayanan kesehatan, melalui gerakan hidup sehat. Menurutnya, kesehatan itu sangat murah dan mudah, cukup dengan melakukan pola hidup sehat. Dan bagi yang muslim rajin bangun dan shalat subuh dan melakukan shalat lima waktu.

"Orang bilang kesehatan itu mahal. Padahal kesehatan itu murah. Caranya dengan melakukan pola hidup sehat, olah raga yang teratur dan makan makanan yang sehat. Dan bagi yang muslim, ketika dengar azan subuh segera bangun, lalu shalat subuh. Waktu kita ruku', kita sujud hingga tahiyat, semua gerakan itu melancarkan darah tubuh kita," katanya.

Gubernur juga tak lupa berteri makasih kepada para dokter yang sudah mengabdi dengan ikhlas serta melayani kesehatan masyarakat di Kepri dengan tulus. Dia juga mengucapkan selamat datang para dokter yang baru bertugas di Kepri.

"Kepri ini luas, bisa saja para dokter ditempatkan di pelosok-pelosok pulau yang ada. Namun, itulah pengabdian. Jika dilakukan dengan ikhlas dan penuh amanah, tentu semuanya jadi ibadah," ujarnya.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan melakukan penanaman pohon di Tanjung Siambang, Dompak. Untuk penanaman pohon sendiri diwakilkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Tjetjep Yudiana. Hadir pada kesempatan ini Sekdaprov Kepri TS. Arif Fadillah, pimpinan FKPD, kepala OPD, Tokoh masyarakat dan para undangan lainnya.

Editor: Yudha