Percepat Pembangunan, Mendagri Instruksikan Potong Jalur Birokrasi Perizinan
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 18-09-2015 | 10:49 WIB
mendagri-pertemuan-camat.jpg
Mendagri Tjahjo Kumolo berfoto dengan sejumlah pimpinan daerah dan pejabat TNI/Polri.

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk mempercepat pembangunan daerah, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, menginstruksikan kepada pemerintah daerah untuk memotong jalur birokrasi perizinan, yang selama ini dinilai terlalu berbelit-belit.

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan untuk mengejar ketertinggalan kemajuan dari negara tetangga dan harus dilakukan mulai saat ini. "Kalau perlu semua perizinan cukup dengan tanda tangan camat saja," kata Tjahjo Kumolo di Batam, Jumat (18/9/2015).

Politisi PDI Perjuangan itu juga menyampaikan pesan untuk camat dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus memberikan contoh yang baik. Perilaku yang sudah baik, kata Tjahjo, harus ditingkatkan dan yang belum baik harus diubah untuk menjadi baik.

Dia menjelaskan, bahwa setiap masyarakat mempunyai hak untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal dari para abdi negara tersebut. Selain itu, Mendagri juga menyampaikan bahwa pemerintah saat ini sedang fokus untuk pembangunan dan memberdayakan desa yang sekarang sudah mulai digerakkan.

"Dana desa tahun ini sekitar Rp 20,7 triliun, dan tahun depan bisa mencapi Rp 40 triliun. Karena itu saya juga minta kepada para camat untuk ikut memantau pembangunan ini," jelasnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh camat dan pegawai pemerintah untuk bisa bekerja dengan ihklas karena jabatan adalah amanah yang suatu saat pasti akan diminta pertanggungjawaban baik oleh negara masyarakat dan juga Tuhan.

Editor: Dodo