Banyak Keluhan Soal Kondisi Toilet

Ombusman Minta Counter Check In di Bandara Hang Nadim Diperbanyak
Oleh : Nando Sirait
Senin | 11-06-2018 | 18:40 WIB
ombudsman-sidak-hang-nadim.jpg
Ombudsman Kepri saat melakukan sidang di Bandara Hang Nadim Batam. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ombusman Perwakilan Kepulauan Riau, menyoroti agar pihak pengelola Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam menambah counter check ini bagi calon penumpang selama masa mudik berlangsung.

Hal tersebut disampaikan Kepala Ombusman Kepri, Lagat Parroha Patar Siadari setelah melakukan sidak ke Bandara Hang Nadim Batam, Senin (11/06/2018) sore. Menurutnya, hal ini perlu segera ditindaklanjuti, melihat semakin meningkatnya jumlah pemudik du H-4 Idul Fitri.

"Melihat kondisi saat ini, pengelola harusnya sudah langsung mengantisipasi dengan melakukan penambahan counter check ini tiket. Selain itu, salah satu usulan kami adalah penyediaan mesin self check ini seperti yang dimiliki oleh Bandara Soekarno Hatta. Jadi keberadaan mesin ini, bisa juga dimanfaatkan kaum milenial yang melek tehnologi," ucapnya.

Idealnya, untuk pelayanan check ini bagi satu calon penumpang hanya membutuhkan waktu 10 - 15 menit. Oleh karena itu, ia kembali menekankan pentingnya penambahan counter layanan.

"Para pemudik didominasi oleh keluarga, banyak yang membawa anak mereka yang masih kecil. Apabila menunggu terlalu lama hingga 30 menit untuk pelayanan satu orang calon penumpang, tentu akan membuat calon penumpang tersebut emosional dan bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan," katanya.

Melihat semakin ramainya calon penumpang melalui Bandara Hang Nadim, Lagat juga mengingatkan agar pengelola memperhatikan kondisi ruang tunggu, terutama untuk kondisi pendingin udara.

"Saya sendiri pernah merasakan kepanasan saat menunggu di ruang tunggu paling ujung, hal ini sudah disampaikan dan akan diperhatikan oleh pengelola Bandara," lanjutnya.

Tidak hanya itu, pihaknya mengaku menyampaikan keluhan calon penumpang mengenai kondisi toilet Bandara yang sering berbau dan kerap mengalami air mati.

Menanggapi hal ini, pengelola Bandara juga mengaku sudah menjadi perhatian utama hingga arus balik nanti.

Editor: Gokli