Kebakaran Dekat Kediamanan Bupati Karimun Sebabkan 116 Jiwa Kehilangan Tempat Tinggal
Oleh : Wandy
Minggu | 05-11-2017 | 16:00 WIB
kebakaran-di-Pulau-Kambing1.gif
Petugas Pemadam Kebakaran Pemkab Karimun yang dibantu warga mencoba menjinakkan api dari lantai dua bangunan setengah jadi (Foto: Wandy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Kebakaran hebat yang terjadi di Gang Perdamaian, RT 01/02 Kelurahan Sei Lakam Barat, Kecamatan Karimun, Kabupaten Karimun, Minggu (5/11/2017) dini hari tadi, menghanguskan 26 rumah warga.

Dari hasil pendataan yang dilakukan Tagana Kabupaten Karimun, ke-26 rumah yang dilalap si jago merah itu dihuni 30 Kepala Keluarga (KK), dengan total 116 jiwa yang kehilangan tempat tinggal.

Koordinator Tagana Kabupaten Karimun, Dedi, mengaku belum mengetahui penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Namun informasi dari tim Tagana yang melakukan penyelamatan, kebakaran diduga karena hubungan arus pendek dari salah satu rumah warga.

"Pihak kepolisian masih melakukan olah TKP. Namun kata sejumlah warga yang menjadi korban, api berasal dari kediaman Pak Jukliono, yang diduga akibat hubungan arus pendek," kata Dedi.

Saat ini, ratusan jiwa yang kehilangan tempat tinggal mengungsi di tiga tenda yang dibangun pemuda setempat. Sebagian warga lainnya ditempatkan di Masjid Al-Furqon.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini, namun kerugian materil dipekirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Saat ini, para korban kebakaran membutuhkan bantuan pakaian dan makanan karena rata-rata warga yang menjadi korban tidak sempat menyelamatkan harta bendanya.

"Rata-rata tempat tinggal warga terbuat dari papan. Jadi cukup mudah (rumahnya) untuk dilalap si jago merah," kata Dedi.

Saat ini, tim Tagana sedang menyiapkan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan konsumsi para korban bencana kebakaran tersebut.

Editor: Surya