Pelabuhan Desa Tiangau Anambas Rusak Diterjang Gelombang
Oleh : Alfreddy Silalahi
Selasa | 09-01-2018 | 17:02 WIB
diterjang-gelombang1.gif
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pelabuhan di Desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan rusak dan mulai retak diterjang gelombang pada Musim Angin Utara lalu. Hal ini membuat masyarakat menjadi khawatir dengan kondisi pelabuhan.

"Kami khawatir pelabuhan itu akan roboh. Karena kondisi pelabuhan sudah retak diterjang gelombang pada Musim Angin Utara lalu. Pelabuhan ini juga dimanfaatkan oleh warga pulau," ujar Kepala Desa Tiangau,Kherman Syah, Selasa (9/1/2017).

Syah menyinggung, pelabuhan tersebut dibangun pada tahun 2007 silam oleh Pemerintah Kabupaten Natuna. Dan sudah pernah diterjang gelombang yang lebih besar dibandingkan Musim Angin Utara lalu.

"Pada tahun 2013 juga pernah kapal tongkang bermuatan bangunan berlabuh di pelabuhan itu. Tetapi pelabuhan hanya tambatan tongkang yang diikat pada bagian tiang. Karena tidak sebanding dengan besar tongkang, tiang pelabuhan ada yang patah termasuk tangga juga ikut patah. Ini adalah awal rusaknya pelabuhan," jelasnya.

Syah juga mengakui, pada tahun 2015 lalu masyarakat telah mendatangi Kantor Dinas Perhubungan untuk meminta perbaikan pelabuhan tersebut.

"Pada waktu itu Dishub mengklaim akan membuat perencanaan perbaikan pelabuhan Desa Tiangau. Tetapi hingga saat ini belum ada realisasi perbaikan pelabuhan. Dan kami berencana akan mendatangi kembali Kantor Dishub," tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Nurman menerangkan bahwa belum ada anggaran untuk perbaikan pelabuhan Desa Tiangau.

Sementara mengenai pertanggungjawaban dari pihak rekanan (tongkang pembawa bahan bangunan), Nurman mengaku sulit untuk menuntaskan masalah tersebut.

"Anggaran belum tersedia untuk perbaikan pelabuhan. Sementara mengenai pertanggungjawaban dari pihak tongkang tidak bisa dituntaskan. Karena perlu bukti yang kuat, dan laporan tertulis juga tidak ada," terangnya.

Editor: Yudha?