Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rangkaian TMMD Ke 100 Kodim 0316/Batam

Pemahaman Wawasan Kebangsaan Sangat Penting Diberikan Pada Siswa
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 10-10-2017 | 15:14 WIB
Wawasan-Kebangsaan-Kodim1.gif Honda-Batam
Pasiter Kodim 0316/Batam, Kapten Inf B Zebua saat memberikan materi wawasan kebangsaan di SMAN 10 Sijantung

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebagai generasi muda, akan dijadikan target dalam menjalankan pembangunan berkelanjutan. Terutama, ditujukan untuk pembangunan di bidang pendidikan, yang didasarkan atas falsafah Pancasila.

Hal itu diutarakan Pasiter Kodim 0316/Batam, Kapten Inf B Zebua, saat memberikan materi penyuluhan wawasan kebangsaan kepada murid-murid SMA N 10 Sijantung, Kecamatan Galang, dalam rangkaian pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 100, Senin (9/10/2017) kemarin.

Saat ditemui, Selasa (10/10/2017), Zebua menceritakan, antusias para pelajar saat ia memberikan materi sangat tinggi. Apalagi, sebagai siswa yang tinggal di kawasan Hinterland Batam, banyak hal yang ingin mereka ketahui di luar sana.

"Mereka antusias mengikuti pembelajaran yang saya berikan. Wawasan kebangsaan sangat penting untuk dipahami generasi muda yang akan meneruskan kemajuan negara ini nantinya," ungkap Zebua.

Dijelaskan, banyak hal pemahaman wawasan kebangsaan yang perlu diketahui oleh para pelajar. Tujuannya, untuk membentuk manusia-manusia pembangunan yang ber Pancasila, sehat jasmani dan rohaninya, memiliki pengetahuan dan keterampilan, dapat mengembangkan kreatifitas dan tanggungjawab.

Selain itu, dapat juga untuk menyuburkan sikap demokrasi dan penuh tenggang rasa, dapat mengembangkan kecerdasan yang tinggi dan disertai budi pekerti yang luhur, mencintai bangsanya dan mencintai sesama manusia. "Semua itu, sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Undang-Undang Dasar 1945," tambahnya.

Menurut Zebua, wawasan kebangsaan itu tidak jauh dari kehidupan sehari hari. "Jadi, para siswa sekalian perlu mempersiapkan diri menjadi warga yang baik serta harus mengerti tentang isi dan makna pancasila dan UUD 45," lanjutnya.

Ia juga menegaskan, Negara Kesatuan Republik Indonesia ini adalah milik bersama dan harus terus dijaga. "Kepada para siswa, saya juga berpesan agar menumbuhkan sifat toleransi di dalam kehidupan sehari-hari, karena itu yang akan menjadi dasar untuk menerapkan wawasan kebangsaan di dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Editor: Yudha