Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

LIPI Siap Bangun Stasiun Penelitian di Lingga
Oleh : Nur Jali
Kamis | 27-10-2016 | 17:50 WIB
LIPI-dan-AWE.gif Honda-Batam

Bupati Lingga, Kepulauan Riau, H Alias Wello, SIP (kiri) menyerahkan cendera mata berupa buku tentang Lingga kepada Kepala LIPI, Prof DR Iskandar Zulkarnain (kanan) di Hotel The Mirah, Bogor, Kamis (27/10/2016).(Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof DR Iskandar Zulkarnain, menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja Bupati Lingga, Kepulauan Riau, H Alias Wello SIP, dalam mengembangkan hasil-hasil riset LIPI di bumi berjuluk "Bunda Tanah Melayu" itu.

"Apa yang telah dilakukan oleh Bupati Lingga terhadap kemajuan riset dan teknologi Indonesia patut kita apresiasi. Ini sesuatu yang luar biasa," kata Iskandar kepada wartawan di Hotel The Mirah, Bogor, Jawa Barat, Kamis (27/10/2016).

Mengenai keinginan Bupati Lingga, Alias Wello agar LIPI menempatkan para penelitinya di daerah untuk memudahkan alih teknologi dan peningkatan capacity building, Iskandar mengaku siap membangun stasiun penelitian di Lingga.

"Kita punya stasiun dan UPT (Unit Pelaksana Teknis) di beberapa daerah. Khusus untuk Lingga, kita akan siapkan stasiun di sana sesuai dengan kebutuhan," ujarnya.

Iskandar menyarankan agar Bupati Lingga membangun Teknopark untuk menggabungkan konsep pemikiran para akademisi, pengusaha, pemerintah dan masyarakat. "Kalau pak Bupati mau fokus pada penguatan pangan, kita akan support penuh, khususnya dalam alih teknologinya," tambahnya.

Sementara itu, Bupati Lingga yang akrab disapa Awe ini sangat berharap hasil riset LIPI, khususnya di bidang pertanian dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

"LIPI memiliki hasil riset tentang Pupuk Organik Hayati (POH) yang sangat bagus untuk memacu produktivitas hasil pertanian. Sementara Pemerintah Kabupaten Lingga punya sumber daya lahan pertanian yang cukup luas," katanya.

Dengan menjalin kerja sama dengan LIPI, ia optimis mimpi menjadikan Lingga sebagai basis pertanian organik terbesar di Indonesia akan mudah dicapai.

"Selama ini yang menjadi ganjalan adalah ketersediaan pupuk organik. Tapi, sekarang LIPI sudah mampu memberikan solusi dengan kesiapannya memproduksi POH secara massal di Lingga," jelasnya.

Editor: Udin