Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satu Lowongan PNS di China Diperebutkan 10.000 Orang
Oleh : Redaksi
Kamis | 27-10-2016 | 15:26 WIB
pencakerdicinabygetty.jpg Honda-Batam

Lebih dari sejuta pelamar kerja yang duduk di ujian penerimaan PNS di Cina tiap tahunnya. (Foto: Getty)

BATAMTODAY.COM, Shanghai - Menjamu teh dan menerima tamu mungkin bukan pekerjaan impian setiap orang, tapi merupakan prospek kerja yang cukup bagus sehingga hampir 10.000 orang melamar satu pekerjaan sebagai resepsionis.

Hasil ujian Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahunan akan ke luar minggu ini, sebagai langkah awal yang harus dijalani setiap pelamar dalam perekrutan posisi PNS yang kompetitif.

Yang mendapat lamaran paling banyak adalah untuk jabatan satu karyawan resepsionis Partai Perserikatan Demokratik Cina dengan rekor 9.837 pelamar.

Partai tersebut adalah salah satu dari beberapa partai politik minoritas di Cina, yang memiliki kekuasaan sangat terbatas dan resepsionis di partai itu bukan merupakan jabatan yang bergengsi. Jadi, mengapa ada banyak sekali orang yang berharap menjadi resepsionis partai tersebut?

Dengan sangat banyaknya pelamar tiap tahun dan gerakan antikorupsi yang berlangsung, departemen-departemen pemerintah mulai menjadi lebih ketat dalam mempekerjakan karyawan.

Mereka meminta karyawan yang lulus dengan kualifikasi lebih tinggi dan keterampilan lebih spesifik.

"Beberapa pekerjaan menarik perhatian banyak orang karena pekerjaan tersebut mempunyai persyaratan yang lebih luas untuk pendidikan dan profesional serta pengalaman kerja," juru bicara pamong praja, Li Zhong, mengatakan pada koran Peoples Daily.

Siapapun yang memiliki ijazah S1 dan dua tahun "pengalaman akar rumput" bisa melamar pekerjaan untuk Partai Perserikatan Demokratik, berdasarkan sejumlah laporan.

Sementara itu, 223 lowongan kerja lain tidak terlalu menarik perhatian pelamar. Lowongan-lowongan tersebut termasuk pekerjaan pengatur bank dan di bidang meteorologi di kawasan-kawasan jauh seperti di Mongolia pusat dan Xinjiang.
Li menyadari bahwa lowongan-lowongan kerja ini tetap kosong karena "lokasinya yang lebih susah".

Sekitar 1,4 juta orang mengikuti ujian PNS tahun ini dan secara rata-rata satu lowongan pekerjaan menarik perhatian kira-kira 49,5 pelamar.

Persdaingan itu hampir sama setiap tahunnya, dengan tahun lalu rasio perbandingan pelamar dan pekerjaan adalah 46:1.
Salah satu pekerjaan yang juga menarik minta banyak pelamar adalah pada 2013 untuk posisi "anggota tim investigasi departemen statistik nasional Chongqing dan Nanchuan", yang dilamar oleh lebih dari 9.400 orang.

Angka resmi pengangguran di Cina adalah sekitar 4%, yang mencerminkan tingginya jumlah pelamar kerja di negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa tersebut.

Dan dengan tingginya pergantian karyawan di sektor swasta, banyak orang yang masih berduyun-duyun melamar pekerjaan di pemerintah.

Sama halnya di India -dengan jumlah populasi hampir sama dan tingkat pengangguran - tahun lalu dua juta orang India melamar sekitar 300 pekerjaan di negara bagian Uttar Pradesh.

Pekerjaan di pemerintahan masih menarik di banyak negara Asia karena bergengsi dan juga karena kestabilisannya.
Di Cina sampai ada istilah "makan dari mangkok nasi besi" yang maksudnya adalah sumber penghasilan serta cara untuk memberi nafkah keluarga tidak akan terhenti.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Dardani