Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sukses FBK belum Berdampak pada Arus Turis ke Tanjungpinang
Oleh : Habibi Khasim
Rabu | 26-10-2016 | 09:26 WIB
festivalbahari.png Honda-Batam

Sukses FBK Tak Berdampak pada Arus Turis ke Tanjungpinang

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri menggelar event Festival Bahari Kepri (FBK) bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Kepri, khususnya Tanjungpinang.

Bahkan, Tanjungpinang diharapkan dapat menjadi gerbang wisata di Provinsi Kepri. Namun, setelah 5 hari kegiatan FBK dilaksanakan dan dinilai sukses, arus penumpang di Pelabuhan Domestik dan Internasional Sri Bintan Pura Tanjungpinang masih normal-normal saja, belum ada lonjakan wisatawan secara signifikan.

Hal itu diakui Kepala Unit Imigrasi Pelabuhan Sri Bintan Pura, Daniel Simanjuntak, dan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Sri Bintan Pura, Sutoyo. Menurut Daniel, jumlah kedatangan wisatawan mancanegara melalui pelabuhan Internasional SBP masih normal dan belum ada peningkatan.

"Untuk bulan ini, sampai minggu ini masih normal, tidak ada penambahan, bahkan di beberapa minggu ada penurunan. Pas ada kegiatan FBK juga belum ada peningkatan yang signifikan, cuma peserta yang mengikuti lomba saja mungkin," ujar Daniel, Selasa (25/10/2016).

Sementara itu, Sutoyo yang memantau kedatangan di pelabuhan domestik, pun mengatakan, sampai hari ini, Selasa (25/10/2016), untuk peningkatan penumpang antar pulau belum ada.

"Sampai hari ini tidak ada peningkatan penumpang, seperti hari-hari kerja biasa saja. Tidak tau lah nanti pada acara puncak Sail Selat Karimata yang jelas sekarang belum ada," tutur Sutoyo.

Senada dengan Daniel, penambahan wisatawan dalam negeri hanya sebatas peserta Dragon Boat Race saja. Seperti ada kedatangan dari Jambi, dan wilayah lain yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut.

"Rata-rata selain dari itu hanya rutinitas penumpang yang datang dari Batam ke Pinang dan sebaliknya, hanya rutinitas aja seperti hari biasanya, bukan karena adanya acara festival bahari Kepri ini. Ya, harapan kita pada acara festival bahari Kepri ini ada peningkatan wisatawan dari luar yang datang," ucap Sutoyo.

Editor: Dardani