Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Alamak, Bangunan RTLH Desa Air Glubi Ambruk Tanpa Sebab
Oleh : Ismail (CR19)
Selasa | 25-10-2016 | 10:58 WIB
RTLH-Ambruk1.jpg Honda-Batam

RTLH bantuan dari Kabupaten Bintan di Desa Air Glubi tiba-tiba ambruk.

BATAMTODAY.COM, Bintan - Diduga asal dibangun dan tanpa pendampingan, sebuah bangunan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) di Desa Air Glubi, Kecamatan Bintan Pesisir, Kabupaten Bintan ambruk tanpa sebab pada Senin, (24/10/2016) sore.

Beruntung tidak ada korbang jiwa dalam kejadian ini. Sebelum ambruknya rumah bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bintan tersebut, penghuni yang diketahui bernama Nek Ginah sudah sudah tidak tinggal di rumah tersebut.

Menurut salah seorang warga, beberapa hari sebelum kejadian, RTLH tersebut sudah dalam kondisi miring. Oleh sebab itu, penghuni rumah yang sudah paruh baya diungsikan ke rumah familinya. "Sebelum roboh memang rumahnya sudah mereng," ujar warga.

Diduga, ambruknya rumah bantuan yang dibangun di pesisir pantai ini, disebabkan material bangunan yang tidak proporsional. "Tidak ada angin, tidak ada ribut malah ambruk sendiri," ucap warga lagi.

Dilanjutkan warga, selama enam bulan belakangan sudah tiga RTLH di Desa Air Glubi yang roboh tanpa sebab.

Sementara itu, Camat Bintan Pesisir, Zulkhairi saat dikonfirmasi BATAMTODAY.COM mengaku, belum menerima laporan mengenai kejadian tersebut. "Saya belum terima laporannya dari Kades (Kepala Desa)," ujarnya.

Zulkhairi mengungkapkan, dirinya akan langsung turun ke lokasi kejadi untuk memastikannya.

Editor: Yudha