Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Yakin Menang, Prancis Tak Pernah Latihan Penalti
Oleh : Redaksi
Minggu | 03-07-2016 | 11:38 WIB
timnasperancis.jpg Honda-Batam

Timnas Perancis sedang berlatih. (Foto: Sportsatu)

BATAMTODAY.COM, Marseille - Pelatih tim nasional (timnas) Prancis, Didier Deschamps, berujar kalau ia tidak pernah menerapkan latihan tendangan penalti kepada skuad Les Bleus. Menurut Deschamps, tidak akan ada gunanya berlatih tendangan 12 pas jika tidak memiliki mental yang cukup untuk bisa melakukan sepakan dengan baik.

 

Prancis akan melakoni pertandingan perempat final Piala Eropa 2016 kontra Islandia, Senin (4/7) dini hari WIB. Banyak yang menganggap Les Bleus akan kesulitan menang di waktu normal karena Islandia terkenal cukup solid dalam hal bertahan.

Meski begitu, Prancis tetap tidak menerapkan latihan tendangan penalti saat latihan. Deschamps menganggap hal itu hanya akan berakhir sia-sia jika sang eksekutor memang tidak memiliki mental yang cukup untuk melakukan sepakan 12 pas.

"Saya tidak pernah menerapkan latihan eksekusi penalti karena alasan yang sangat sederhana. Menurut saya, akan menjadi sia-sia melakukan latihan penalti jika seorang pemain tidak memiliki mental yang cukup," kata Deschamps dikutip dari FourFourTwo.

"Apa yang saya alami sebagai pelatih adalah mengeksekusi penalti dalam latihan yang santai tidak bisa dibandingkan dengan saat setelah menjalani 120 menit di stadion yang penuh."

Drama adu penalti menjadi penghias babak perempat final Piala Eropa 2016 kali ini. Dari tiga laga yang sudah berjalan, dua di antaranya harus menjalani babak adu penalti untuk menentukan siapa yang berhak melaju ke babak semifinal. Jerman dan Portugal menjadi dua tim yang sukses melangkah ke babak empat besar usai melewati drama adu penalti.

Sumber: Sportsatu
Editor: Dardani