Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Lingga Perintahkan Dua Staf Khusus Atasi Permasalahan di Disduk Capil
Oleh : Nur Jali
Rabu | 18-05-2016 | 15:50 WIB
said-abdul-haris.jpg Honda-Batam

Said Abdul Haris, staf khusus Bupati Lingga. (Foto: Nur Jali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Bupati Lingga Alias Wello memerintahkan kepada staf khusus bidang hukum dan pemerintahan serta bidang pendidikan dan kesehatan untuk mengecek penyebab lambannya pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil).

Said Abdul Hamid, staf khusus bidang pendidikan dan kesehatan mengatakan sudah melaksanakan perintah bupati tersebut, dan hasilnya ditemukan beberapa kendala di kantor pelayanan administrasi kependudukan itu antara lain, permasalahan peralatan pendukung yang rusak, server dan beberapa kendala teknis.

"Khusus server, saya sudah telepon langsung pihak Telkomsel, dan mereka bersedia untuk memperbaiki jaringan mulai besok, tapi kita juga kecewa dengan pelayanan Telkomsel ini, yang membuat pencetakan e-KTP dan Kartu Keluarga jadi terhambat," kata Said Abdul Hamid yang juga mantan anggota DPRD Lingga ini, Rabu (18/5/2016).

Selain permasalahan server, kedua staf khusus ini juga menemukan dari empat unit card reader ada tiga unit yang mengalami kerusakan dan harus segera diinstall ulang. Selain itu ada beberapa kendala teknis lainnya, sudah diupayakan untuk segera diselesaikan.

"Intinya kita inginkan pelayanan maksimal di Disduk Capil ini, dan kita sudah upayakan berbagai langkah untuk mengatasi ini," jelasnya.

Kemarin, dikatakan said hamid sekarang pengajuan pembuatan KTP sudah menumpuk hingga ribuan lembar dan mereka hanya mampu mencetak seratus e-KTP per hari dan hal ini akan ditingkatkan minimal 200 per hari.

"Kalau empat card reader ini berfungsi, artinya dalam sehari akan tercetak lebih banyak lagi e-KTP ini," jelasnya.

Sementara itu, Rudi Purwonugroho menambahkan, untuk saat ini ada beberapa target 100 hari Bupati Lingga yang jatuh tepat pada tanggal 1 Juni 2016 ini, yang harus dikejar yaitu peningkatan pelayanan seperti pengurusan e-KTP, sertifikasi guru, pembuatan surat tanah, gaji dan sektor pendidikan.

"Jadi kita berharap ini akan terealisasi dalam program seratus hari kerja Bupati Lingga, yang akan dilaksanakan pada 1 Juni mendatang," jelasnya

Editor: Dodo