Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Angkut Sampah, DKP Batam Harus Tempatkan Pengawas Tiap Kecamatan
Oleh : Gokli
Senin | 12-01-2015 | 18:00 WIB
bin_kontainer_batam.jpg Honda-Batam
Bin kontainer yang ditempatkan di kawasan Nongsa. Penempatan pengawas di kecamatan diperlukan dalam proses pengangkutan sampah.

BATAMTODAY.COM, Batam - Keluhan masyarakat soal sampah yang belum terangkut diakibatkan kurangnya armada dan petugas. Tetapi, Pemerintah Batam juga tak menampik adanya kelalaian Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Batam dalam melakukan pengawasan.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Batam, Rudi di Kantor DPRD Batam, usai mengikuti Rapat Paripurna, Senin (12/1/2015) siang. Menurut dia, selain penambahan armada, pengawasan lapangan juga harus ditingkatkan.

"Saya sudah perintahkan DKP Batam tempatkan tenaga pengawas tiap kecamatan. Kalau ini dijalankan, saya rasa persolan sampah bisa tuntas," kata Rudi.

Pentingnya tenaga pengawas lapangan di tiap kecamatan, lanjut Rudi, agar para kinerja petugas kebersihan termonitor. Sebab, ada beberapa kecamatan yang sudah tertangani, tetapi ada juga yang belum.

"Ada yang sudah diangkat. Tapi ada yang entah kemana mobilnya, kita tak tahu. Ini yang saya bilang perlu diawasi," ujarnya.

Soal kekurangan armada dan petugas, lanjut Rudi, dalam APBD Perubahan, Pemko Batam akan menganggarkan dana pembelian mobil baru. Armada yang sudah ada saat ini, lanjut dia, sama sekali tak cukup.

"Itu wajib hukumnya, armada dan petugas kebersihan harus ditambah," tegas dia.

Selain kurang armada dan pengawasan, Rudi melanjutkan, persolan sampah belum tuntas sampai sekarang juga disebabkan belum selesainya tender pengelolaan sampah untuk beberapa kecamatan. Namun, dia berharap ternder tersebut cepat terselesaikan lantaran prosesnya tetap berjalan.

Editor: Dodo