Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tarif Ferry dari Lingga 'Cuma' Turun Rp10 Ribu
Oleh : Nurjali
Senin | 12-01-2015 | 12:18 WIB
ferry_lingga_buton.jpg Honda-Batam
Ferry tujuan Tanjungpinang saat bersandar di Pelabuhan Buton. Harga tiket ferry turun meski tak signifikan.

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Harga tiket beberapa operator ferry trayek Batam - Dabosingkep dan Tanjungpinang - Dabosingkep hanya turun sebesar Rp10 ribu sejak harga BBM bersubsidi mengalami penurunan. Padahal sebelumnya, harga tiket ferry trayek tersebut naik sebesar 30 persen.

Salah satu penumpang ferry Marina tujuan Dabosingkep - Batam, Arif mengatakan dirinya membeli tiket dengan harga Rp290 ribu.

"Kemarin waktu adik saya berangkat hari Sabtu harganya masih 300 ribu," kata Arif, Senin (12/1/2015).

Sementara itu salah satu agen ferry di Dabosingkep, Aheng mengatakan, pihaknya tidak mungkin menurunkan harga lebih jauh lagi karena harga BBM hanya turun Rp700.

"Harga BBM cuma turun sedikit, jadi kita turun juga sedikit, kita mau naikan kemarin mesti tunggu pemerintah, sekarang kalau mau turunkan juga harus ada pemberitahuan dari pemerintah, hari Sabtu baru kita terima, jadi Minggu langsung kita turunkan (tarifnya)," kata Aheng.

Selain ferry tujuan Batam - Dabosingkep, Tanjungpinang - Dabosingkep dan Tanjungpinang - Daiklingga juga diturunkan harganya dari Rp280 ribu menjadi Rp270 ribu, demikian juga dengan tiket Tanjungpinang - Buton.

Meskipun operator kapal mengalami penurunan pada Minggu kemarin, namun tarif angkutan darat masih belum mengalami penurunan, seperti tarif trayek Dabosingkep-Jagoh yang masih tetap di harga Rp50 ribu per orang.

Editor: Dodo