Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Diduga Gunakan Dana APBD, Setwan Provinsi Kepri Gelar Kegiatan di Hotel Planet Holiday
Oleh : Roni Ginting
Sabtu | 10-01-2015 | 21:30 WIB
Planet-Holiday-Hotel-1-Batam.jpg Honda-Batam
Hotel Planet Holiday Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Diduga menggunakan dana dari APBD, Sekretariat Dewan (Setwan) DPRD Provinsi Kepri menggelar acara silaturahmi di lantai 21 Hotel Planet Holiday, Nagoya, Jumat (9/1/2014) malam.

Mulkan, ketua National Corruption Watch (NCW) Kepri, mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima bahwa Setwan DPRD Provinsi Kepri mengundang melalui pesan singkat kepada pimpinan DPRD, ketua-ketua komisi, ketua-ketua fraksi dan pejabat struktural di lingkungan DPRD Provinsi Kepri untuk acara pukul 19.30 WIB bertempat di ruang rapat Hotel Planet Holiday lantai 21.

"Acara tersebut diduga menggunakan dana APBD Provinsi Kepri karena mengundang secara resmi melalui sms kepada pimpinan DPRD," kata Mulkan kepada BATAMTODAY.COM, Sabtu (10/1/2015).

Hal tersebut, lanjutnya telah melanggar Surat Edaran Men-PAN RI nomor 10 tahun 2014 yang menyatakan bahwa seluruh kegiatan pemerintah dilarang untuk digelar di Hotel untuk penghematan.

"Itu telah melanggar SE Men-PAN yang melarang kegiatan digelar di hotel," ungkapnya.

Untuk itu, NCW mendesak agar Kejaksaan Tinggi Kepri segera mengusut tuntas dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Sekwan yang baru seminggu dilantik tersebut.

"Kita mendesak Kejati Kepri mengusut dugaan pelanggaran oleh Sekwan," tegasnya.

Selain itu, NCW juga mendesak agar Gubernur Kepri mengevaluasi pengangkatan Hamidi sebagai Sekwan karena diduga telah melakukan pelanggaran.

"Kami mendesak Gubernur mengevaluasi kinerja Sekwan Hamidi. Baru menjabat sudah melanggar aturan," katanya lagi.

Di tempat terpisah, Hotman Hutapea anggota DPRD Provinsi Kepri yang juga menjabat sebagai Badan Kehormatan (BK) Provinsi Kepri saat dikonfirmasi melalui telepon memang mendapat SMS undangan tersebut. Tapi tidak hadir karena sedang di luar kota.

"Saya juga merasa kaget kenapa ada acara digelar di hotel. Itu tidak bisa, kecuali menggunakan anggaran pribadi," kata Hotman yang mengaku saat ini sedang berada di luar kota.

Sementara itu, Hamidi yang dikonfirmasi menyebutkan acara tersebut hanyalah silaturahim antara dirinya selaku Sekretaris DPRD Kepri yang baru dengan internal mereka dan sejumlah anggota DPRD Kepri.

"Saya kan masih baru, sehingga perlu silaturahim dan saling mengenal," kata Hamidi.

Sedangkan mengenai pendanaan acara tersebut, Hamidi mengatakan tidak menggunakan APBD melainkan dibiayai secara pribadi oleh salah unsur pimpinan DPRD Kepri, yakni Amir Hakim Siregar.

"APBD kan juga belum bisa digunakan meski sudah disahkan karena masih dikoreksi," ujarnya.

Editor: Dodo