Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Google Kenalkan Layanan Cast untuk Smartphone
Oleh : Redaksi
Kamis | 08-01-2015 | 11:39 WIB

BATAMTODAY.COM - GOOGLE pada Senin kemarin telah meluncurkan Google Cast untuk audio pada hari Senin, sebuah layanan musik streaming untuk pemutar audio rumahan (home audio player) melalui smartphone.

Layanan audio itu menggunakan teknologi yang sama dengan Chromecast, perangkat kecil yang dihubungkan ke televisi dan memungkinkan orang mengakses program digital seperti YouTube dan Netflix. Dengan Cast, pengguna memilih home speaker dengan teknologi yang sama dan menggunakan ponsel untuk mengirim musik untuk dimainkan.

Namun, layanan ini hanya bekerja dengan speaker Google Cast Ready yang rencananya akan diluncurkan di Amerika Serikat pada musim semi dari merek seperti Sony, LLG dan HEOS oleh Denon.

Musik itu pun dapat dialirkan dari aplikasi seperti Deezer, Google Play Music, iHeartRadio, NPR One, Pandora, Rdio, dan banyak lagi. Sementara Spotify sudah hilang dari daftar.

Peluncuran Google Cast ini memang untuk menutupi "lubang kelemahan" Google terhadap Apple AirPlay, yang telah mampu melakukan streaming konten audio dan lainnya secara nirkabel dari perangkat mobile Apple untuk Apple TV dan perangkat AirPlay lainnya. Nantinya juga akan bersaing dengan sistem audio Sonos yang sudah populer. (*)

Editor: Roelan