Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

LMB Karimun Gelar Khitanan Massal di Seilakam Barat
Oleh : Khoiruddin Nasution
Senin | 29-12-2014 | 14:05 WIB
khitanan_massal_LMB.jpg Honda-Batam
Bakti sosial khitanan massal di Seilakam, Karimun. (Foto: Khoiruddin Nasution/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Momen liburan sekolah pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2014 dimanfaatkan Laskar Melayu Bersatu (LMB) menggelar acara khitanan massal. Tujuannya tak lain untuk membantu masyarakat Karimun yang kurang mampu.

Ketua DPD LMB Kabupaten Karimun, Datuk Panglima Muda Azman Zainal, mengatakan, baksos berupa khitanan massal melibatkan 9 tim medis tersebut tidak dipungut biaya. "Target awal  se-Kelurahan Seilakam Barat ini hanya 100 orang. Namun  dalam perjalanan banyak anak-anak mendaftarkan diri untuk mengikuti sunatan massal. Sehingga diperkirakan pesertanya mencapai 150 orang anak,"ungkap Azman kepada BATAMTODAY.COM, Senin (29/12/2014) di lokasi.

Ditekankan, khitanan massal itu  tidak mengandung unsur apapun apalagi kepentingan pribadi. Bahkan semata-mata bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu.

"Memang sengaja dipilih pelaksanaannya bertepatan dengan liburan sekolah, sehingga tidak menganggu aktifitas. Meskipun perserta khitanan massal melebihi target tidak menjadi masalah," katanya.

Khitanan massal, lanjut Azman, akan dilaksanakan juga dibeberapa tempat, seperti Kelurahan Seipasir dan Paya Rengas, Kecamatan Meral. bahkan sampai keluar Pulau Karimun Besar. "Di dua wilayah tersebut akan diikuti sebanyak 50 orang. Sedangkan untuk di pulau masih menunggu laporan anggota yang dikerahkan untuk mendata," katanya lagi.

Disebutkan, sejak berdiri DPD LMB Kabupaten Karimun hingga tahun 2013 lalu sudah melakukan khitanan massal kepada 1.000 anak . "Tahun 2014 ini diperkirakan jumlah peserta khitanan massal terbilang besar. Selain khitanan, LMB Karimun juga melakukan program-program dalam membantu masyarakat kurang mampu lainnya. Salah satu dari sekian banyak program tersebut adalah bedah rumah," pungkasnya.

Pantauan di lokasi, kegiatan tersebut juga dihadiri Lurah Sungai Lakam Barat, Muhd. Rahendra, S.Sos, Kepala Pukesmas Tanjungbalai Karimun, dr Ade Kristiawan; Ketua RT06, Syamsudin, dan tokoh masyarakat setempat. (*)

Editor: Roelan