Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Instansi Vertikal di Lingga Ikut Gelar Operasi Pencarian AirAsia
Oleh : Nurjali
Senin | 29-12-2014 | 10:10 WIB
flightradar24.png Honda-Batam
Koordinat lokasi saat komunikasi terakhir pesawat AirAsia QZ 8501. (Foto: Flightradar24)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Sejumlah instansi vertikal seperti Kepolisian, TNI AL dan Bea Cukai di Lingga ikut diterjunkan dalam operasi pencarian pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ 8501, Senin (29/12/2014).

Kapolres Lingga AKBP Surisman mengatakan kepada wartawan, saat ini Satuan Polisi Air Polres Lingga dan dibantu beberapa anggota lainnya telah diterjunkan menggunakan kapal patroli dan beberapa kapal nelayan lainnya untuk menyisir melakukan pencarian di wilayah yang berbatasan dengan Bangka Belitung, Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari Polda Kepri. 

"Dari semalam kami sudah dapat arahan dari pimpinan untuk turut dalam pencarian tersebut, karena tidak menutup kemungkinan pesawat tersebut berada di laut Lingga yang berbatasan dengan Provinsi Bangka Belitung," ungkapnya. 

Sementara, Komandan Lanal Dabosingkep Letkol Laut Rully Riono melalui Pasintel Lanal Dabo Singkep Kapten Ali Mirot mengatakan anggotanya juga sudah diturunkan untuk melakukan pencarian pesawat tersebut hari ini

Pada Minggu (28/12/2014) saat jatuhnya pesawat, Lanal Dabosingkep juga sudah menginformasikan kepada setiap Pos Penjagaan untuk memberikan informasi jika menemukan benda yang mirip dengan pesawat. 

"Semalam informasi ini sudah kami sampaikan kepada semua penjagaan yang berdekatan dengan lokasi, dan hari ini kami juga melakukan penyisiran di beberapa wilayah di Lingga," ungkapnya. 

Selain Polres dan TNI, Bea Cukai Dabosingkep menyatakan juga sudah menurunkan kapal patroli dan beberapa kapal operasional untuk melakukan pencarian di perairan Lingga dan dekat lokasi yang diduga menjadi tempat hilangnya pesawat tersebut. 

"Tadi rencananya sekitar pukul 06.00 kita mulai, tapi karena cuaca jadi sekitar pukul 07.30 baru dimulai lagi, semalam kita juga sudah menyisir beberapa lokasi," kata salah satu staf di Kantor Bea Cukai Dabosingkep. 

Editor: Dodo