Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pagi Ini, 2 Kapal Thailand Ditenggelamkan di Perairan Anambas
Oleh : Nursalli
Minggu | 28-12-2014 | 09:39 WIB
kapal vietnam.jpg Honda-Batam
Ilustrasi : 3 Kapal Vietnam yang telah ditenggalamkan Kementerian dan Kelautan bersama TNI AL beberapa waktu lalu

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Minggu pagi ini (28/12), dua Kapal Ikan Asing (KIA) asal Thailand yang mencuri ikan di perairan Kepualauan Anambas akan ditenggelamkan pada pukul 10.00 WIB pada koordinat 03.15.00 U - 106.10.00 T sekitar 8 mil laut dari pulau terdekat dan pada kedalaman 70 meter dari permukaan laut.


Kapal ikan berbendera Thailand itu yang akan ditenggalamkan adalah KIA MV Kour Son 77 dengan kapasitas 70 GT hasil penangkapan KRI Sutedi Senoputra-378 dan KIA KM G Chawat Chai 5 berrkapasitas 53 GT yang ditangkap KRI Sultan Hasanuddin-366 beberapa waktu lalu.

Penenggelaman ini juga melibatkan unsur-unsur pendukung TNI AL. Unsur-unsur yang terlibat antara lain unsur VIP berupa KRI Sultan Hasanuddin-366, unsur udara berupa Helly BO Onboard, unsur pengamanan KRI Sutedi Senoputra - 378, Unsur Demosili : Satkopaska Koarmabar, Unsur SAR Dan Evak : KRI Kapitan Pattimura-371, Unsur angkut : Kal Baruk, Paskamla Tarempa dan Anambas 1.

"Saat ini KRI-KRI tersebut telah berada diperairan Tarempa menepati posisinya masing-masing dan kapal yang akan ditenggelamkan juga sudah dibawa ke lokasi penembakan," Kata Komandan KRI Sutedi Senoputra-378, Mayor Laut (P) Hendra Astawan, kepada BATAMTODAY.COM di anjungan KRI Sutedi Senoputra-378 di Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

Prosesi penenggelaman kapal ini juga nantinya akan dihadiri oleh  Panglima Komando Armada Barat Laksamana Muda TNI Widodo, Danlantamal, Danguskamla, Danlantamal Ranai, Ketua Pengadilan Negeri Ranai, dan Kacabcari Tarempa, serta Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Dari pantauan BATAMTODAY.COM  lapangan tampak seluruh unsur TNI AL telah menuju lokasi penenggelaman kapal. Kal Parkamla serta Kal Baruk juga tengah menunggu kedatangan orang kementrian dan Petinggi TNI AL di Palmatak. Hingga berita ini diturunankan, penenggelaman dua kapal Thailand oleh TNI AL tersebu telah dilakukan secara matang, termasuk dua kapal yang dua kapal yang akan ditenggalamkan juga sudah berada dilokasi.

Editor: Surya