Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Liburan Natal dan Tahun Baru, Ribuan Warga Tanjungpinang Melancong ke Singapura dan Malaysia
Oleh : Habibi
Sabtu | 27-12-2014 | 13:02 WIB
arus_penumpang_sri_bintan_pura_h-1_imlek.JPG Honda-Batam
Penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ribuan warga Tanjungpinang dan sekitarnya memilih melancong ke Malaysia dan Singapura selama liburan Natal dan Tahun Baru. Bahkan jumlah warga lokal yang berwisata ke luar negeri lebih banyak dari wisatawan asing yang melancong ke Tanjungpinang.

"Pada H-1 Natal saja seluruh kapal tujuan Singapura dan Malaysia penuh. Lonjakannya terjadi pada tanggal 24 Desembser yaitu ada sebanyak 707 orang yang berangkat," ujar Achmadin Kurniawan, Kepala Unit Imigrasi Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (26/12/2014).

Dia menjelaskan, selama 20 - 24 Desember, jumlah warga lokal ke luar negeri mencapai 2.355 orang. Sementara jumlah warga negara asing yang berkunjung ke Tanjungpinang hanya 2.158 orang.

"Kita sistem penghitungannya dicampur, dua ribuan itu adalah pulang ke Tanjungpinang dan pergi keluar negeri untuk WNI. Dan sebaliknya untuk WNA. Namun pucnaknya memang tanggal 24, baik itu dari WNI-nya ataupun WNA-nya," jelas Kurniawan.

Kurniawan mengaku memang angka itu capaian yang meningkat. Pasalnya diahari biasa hanya sekitar 100 hingga 200 orang saja. "Kemarin itu untuk WNI sampai tujuh ratusan dan WNA-nya capai delapan ratusan," ujar Kurniawan. (*)

Editor: Roelan