Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Paus Berbicara dengan Pengungsi Irak Jelang Misa Malam Natal
Oleh : Redaksi
Kamis | 25-12-2014 | 15:58 WIB
paus_fransiskus_misa_natal_bbc.jpg Honda-Batam
Paus Franciskus memimpin misa Malam Natal di Gereja St Peter Basilika. (Foto: BBC)

BATAMTODAY.COM - Paus Franciskus telah berbicara dengan pengungsi Irak di sebuah kamp di dekat Kota Irbil sebelum merayakan Misa Malam Natal.

Paus meminta para pengungsi - yang dipaksa pergi dari rumah mereka oleh kelompok militan menamakan diri Negara Islam ISIS - untuk "tetap bertahan" dan mengatakan mereka selalu berada di hatinya.

Pembicaraan dengan para pengungsi di sebuah kamp di Ankawa dilakukan melalui telepon satelit dan disiarkan langsung oleh TV Italia.

"Saudara-saudaraku terkasih, saya dekat dengan Anda, sangat dekat dengan Anda di hati saya," dia mengatakan kepada para pengungsi, sambil menyebutkan anak-anak dan lansia selalu dalam pikirannya.

"Anak-anak yang tidak bersalah, anak-anak yang telah meninggal, anak-anak yang dieksploitasi, tentang kakek-nenek, tentang orang lanjut usia yang telah melangsungkan hidup mereka, dan bagi mereka yang harus memikul salib ini."

Dia mengatakan mereka seperti Yesus, yang dipaksa pergi karena tidak ada tempat bagi mereka. "Saya merengkuh anda semua dan mengucapkan selamat Natal yang suci bagi Anda semua," kata dia.

ISIS yang menguasai sejumlah wilayah di Irak menyebabkan puluhan ribu orang Kristien dan pemeluk agama minoritas lainnya mengungsi ke wilayah yang dikontrol Kurdi.

Pada Misa Malam Natal di Gereja St Peter Basilika, Paus meminta jemaat untuk menunjukkan lebih banyak empati kepada keluarga dan teman-teman.

Di Hari Natal, Paus akan menyampaikan pemberkatan Natal. Dalam pesan misa Malam Natal, Paus mengatakan dunia membutuhkan kelembutan hati dan kehangatan.

Sumber: BBC