Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tiket KM Kelud Tujuan Batam-Belawan Ludes, Penumpang Gelap Marak
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 24-12-2014 | 16:37 WIB
km_kelud_des.jpg Honda-Batam
Penumpang berjubel hendak berangkat ke Medan menggunakan KM Kelud dari Pelabuhan Beton Sekupang.

BATAMTODAY.COM, Batam - Jelang Natal dan Tahun Baru, tiket KM Kelud tujuan Batam-Belawan telah ludes. Bahkan tiket yang dijual di Kantor Pelni, Sekupang maupun agen hingga tahun baru juga telah ludes.

Kepala Pelni Batam Hambali mengaku tiket untuk Batam-Belawan sudah habis hingga tahun baru dengan jadwal keberangkatan terakhir pada Minggu (28/12/2014) dikarenakan sistem dari pusat, penumpang maksimal sebanyak 2.652 jiwa. 

"Dari pusat maksimal penumpang itu 2.652 jadi tiket yang dijual dengan jumlah tersebut. Sehingga jumlah itu jauh dari tahun lalu yang dijual tanpa batas," ujar Hambali kepada BATAMTODAY.COM yang ditemui di Pelabuhan Beton Sekupang, Selasa (23/12/2014).

Hambali mengakui penjualan tiket sudah ditutup sejak dua minggu lalu tepatnya Jumat (12/12/2014). "Untuk keberangkatan ke Belawan dari Batam memang sudah ditutup sejak satu hari sebelum jadwal keberangkatan Sabtu (13/12/2014)  tapi bukan dari Batam yang close tapi oleh sistem dari pusat," ujarnya.

Apalagi saat ini Pelni pusat membatasi  jumlah penumpang yang non seat atau tiket tanpa tempat duduk. Tak seperti tahun sebelumnya penumpang non seat tanpa ada pembatasan.

Bila datang musim hari besar keagamaan seperti Natal dan Tahun Baru misalnya jumlah penumpang non seat mencapai 4 ribuan. Saat ini jumlah penumpang yang non seat maupun seat kesemuanya dibatasi sekitar 2.650 lebih.

"Makanya banyak calon penumpang yang memang tak dapat tiket karena pesannya mendekati hari  keberangkatan serta jumlah penumpang dikurangi atau dibatasi," kata Hambali.

Keberangkatan KM Kelud dari Batam ke Belawan sendiri sebelum tahun baru terakhir akan berlayar pada hari Minggu (28/12/2014) dan akan berlayar lagi dari Batam ke Belawan pada hari Senin (5/1/2015)

"Beberapa penumpang memang merasa mengeluh dengan dibatasinya penjualan tiket bahkan mereka banyak yang nekat masuk ke dermaga hendak naik ke dalam KM Kelud meski tak mengantongi tiket," kata Hambali.

Seperti halnya kejadian Sabtu (20/12/2014) lalu dengan tujuan Batam-Belawan puluhan penumpang memaksa masuk ke dalam kapal dengan dibekingi oknum petugas."Yang kejadian kemarin kita langsung usir penumpangnya dan dilarang masuk ke dalam dermaga karena aturannya seperti itu," pungkasnya.

Editor: Dodo