Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Operasi Lilin Seligi 2014

Turunkan Tim Jihandak ke Gereja, Polres Tanjungpinang Juga Sasar Calo dan Narkoba
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 23-12-2014 | 13:32 WIB
kapolres_tpi_akbp_dwita_kumu_w.jpg Honda-Batam
Kapolres Tanjungpinang, AKBP Dwita Kumu Wardana.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tim Penjinak Bahan Peledak akan melakukan sterilisasi gereja-gereja di Tanjungpinang selama Operasi Lilin Seligi. Selain menerjunkan tim Jihandak untuk mengamankan gereja, operasi tersebut juga menyasar keberadaan calo di pelabuhan dan bandara, serta "sweeping" peredaran narkoba di tempat-tempat hiburan.

"Target sasaran kita dalam Operasi Lilin Seligi 2014 ini adalah orang, gedung dan tempat-tempat keramaian yang ada di Tanjungpinang," ujar Kapolres Tanjungpinang, AKBP Dwita Kumu Wardana, kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (23/12/2014).

Kapolres yang juga Kepala Satuan Tugas Resor (Kasatgasres) Operasional Lilin Seligi 2014 Tanjungpinang ini menjelaskan, sasaran orang menyangkut percaloan tiket di pelabuhan dan bandara serta penggunaan narkoba di sejumlah tempat hiburan. Sedangkan sasaran gedung berupa penjagaan gereja dan sarana vital lainnya dalam perayaan Misa Natal dan Tahun Baru.

"Dalam Operasi Lilin Seligi ini masalah narkoba akan kembali menjadi prioritas kita. Karena biasanya pada malam Tahun Baru pelaku pengkonsumsi narkoba akan meningkat. Masyarakat cenderung bersenang-senang di sejumlah tempat hiburan. Ini akan menjadi sasaran kita," terangnya.

Dia memaparkan, dalam tiga bulan terakhir eskalasi kejahatan pencurian dengan kekerasan (curat) seperti tindak penjambretan di Tanjungpinang sangat tinggi. Karena itu dengan dibentuknya tim curat, jajaran Satreskrim Polres Tanjungpinang berhasil mengamanakan enam tersangka dari empat kelompok yang melakukan penjambretan di 39 TKP di Tanjungpinang.

Sementara mengenai penggunaan kembang api, selama tidak mengganggu keamanan dan kenyamanan, masih bisa ditolerir dan dibenarkan. Sedangkan mengenai isu dan adanya ancaman demo dan gerakan lain, Dwita menampiknya. Sampai saat ini, katanya, kondisi dan situasi di wilayah Tanjungpinang berlangsung kondusif dan aman.

"Di luar, personel yang melaksanakan Operasi Lilin Seligi, pelaksanaan pelayanan di Sentra Pengaduan Polres, juga tetap berjalanan di luar dari Operasi Lilin Seligi 2014," ujarnya. (*)

Editor: Roelan