Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Operasi Lilin 2014, Pusat Rekreasi dan Rumah Ibadah Jadi Perhatian Khusus Polres Bintan
Oleh : Harjo
Selasa | 23-12-2014 | 12:12 WIB
cek_pasukanlilin.jpg Honda-Batam
Wakapolres Bintan. Kompol Suka Irawanto saat mengecek pasukan jelang Operasi Lilin Seligi 2014.

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Polres Bintan fokus terhadap pengamanan sejumlah tempat rekreasi, rumah ibadah dan lokasi yang rawan terjadinya tidak pidana serta kecelakaan lalulintas.

Demikian disampaikan oleh Wakapolres Bintan Komisaris Polisi Suka Irawanto yang bertindak sebagai inspektur apel gelar pasukan Operasi Lilin Seligi 2014 di Mapolres Bintan, Selasa (23/12/2014).

"Melalui Operasi Lilin 2014, kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait, guna memberikan rasa aman dan nyaman dalam perayaan Natal 2014 dan menyambut Tahun Baru 2015. Dari analisa pada operasi tahun 2013, masalah lakalantas, kejahatan menonjol, ada penurunan dari tahun sebelumnya, artinya cara bertindak  yang dilakukan cukup efektif, namun harus terus ditingkatkan, baik deteksi dini dan deteksi aksi ," harapnya.

Suka menyampaikan pelaksanaan Operasi Lilin Seligi 2014 yang dilaksanakan mulai 24 Desember 2014 hingga 2 Januari 2015 dengan mengerahkan sebanyak 2/3 atau 209 personel dari kekuatan Polres, dengan 7 pos yang terdiri dari 3 pos pengamanan dan 4 pos pelayanan. Khusus untuk pengamanan di tempat ibadah personil Polri disiagakan minimal 2 personel dari  21 gereja yang dinilai  memiliki jemaat terbanyak di wilayah hukum Polres Bintan.

Sementara untuk menyambut malam pergantian pergantian tahun, personel akan disiagakan di sejumlah tempat keramaian, selain tempat-tempat yang dianggap rawan terjadi kecelakaan lalulintas. Untuk hari tahun baru pengamanan juga difokuskan di sejumlah tempat keramaian atau tempat rekreasi, seperti di Pantai Trikora Gunungkijang, Pantai Sekera dan sejumlah tempat lainnya.

"Dalam Operasi Lilin Seligi 2014, Polri didukung oleh seluruh instansi samping diantaranya unsur TNI, KPLP, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Sentra Komunikasi dan Pramuka. Kepada masyarakat yang akan berpergian baik lintas darat dan laut, harus selalu berhati-hati agar bisa mengantisipasi hal yang tidak diinginkan," harapnya.

Editor: Dodo