Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Merpati MA60 Jatuh ke Laut Karena Cuaca Buruk
Oleh : Redaksi/TN
Sabtu | 07-05-2011 | 16:24 WIB

Kaimana, batamtoday - Pesawat Merpati MA60 rute Sorong-Kaimana yang jatuh ke laut dekat Bandara Kaimana, Papua Barat, Sabtu pukul 14.05 WIT, diduga karena cuaca buruk. Dalam kecelakaan tersebut, 21 penumpang dan 6 krunya tewas, namun sampai saat ini baru 15 jenazah yang berhasil dievakuasi tim SAR.

Kepala Bandara Kaimana, Papua Barat, Jaka Karim  dalam keteranganya mengatakan pesawat jatuh pada hari ini Sabtu 7 Mei 2011, pada pukul 14.05 WIT sesaat sebelum mendarat, dan diduga kuat Pesawat dengan nomor penerbangan NZ8968 itu jatuh karena faktor cuaca buruk.

Jaka Karim mengatakan, sebelum jatuh, pesawat sempat berputar-putar mengelilingi bandara yang tidak jauh dari laut. Namun mungkin karena cuaca buruk, pesawat terhempas dan terjatuh ke laut. Namun demikian kasus kecelakaan ini masih dalam penyelidikan pihak berwenang.

Sementara itu, Humas Merpati, Imam Turidi mengatakan kondisi Pesawat Merpati MA60 yang jatuh di laut dekat Bandara Kaimana kondisinya hancur, dan pesawat tenggelam di kedalaman laut.

"Pesawatnya tenggelam, kondisinya hancur, dan " kata Imam Turidi.

Hingga berita ini dipublish, tim SAR baru berhasil mengevakuasi 15 mayat, dan Imam Turidi pesimis 12 orang lainya dapat selamat pada kecelakaan tersebut. Hancurnya pesawat ketika terhempas ke laut, juga tampak pada banyaknya serpihan dan pecahan-pecahan badan pesawat di atas permukan air laut.