Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anak Drummer Led Zeppelin Ingin Duet Hologram Bareng Mendiang Ayahnya
Oleh : Dodo
Selasa | 16-07-2013 | 10:17 WIB
Jason_Bonham_Rapids_Theatre_Niagara_Falls,_NY_11-12-12_370.jpg Honda-Batam
Jason dengan gambar mendiang ayahnya, John Bonham, sang drummer Led Zeppelin. (Foto: backstageaxxess)

LONDON - Saat konser bersama band tribute bernama Led Zeppelin Experience, Jason Bonham sebetulnya telah berulangkali mencoba tampil ‘duet’ dengan mendiang ayahnya.

Ia memasang layar berukuran besar yang menampilkan video ayahnya sedang melakukan solo drum di panggung, untuk kemudian ditirukan oleh Jason. Namun, ia menginginkan sebuah terobosan baru.

Seperti diberitakan oleh Legendary Rock, ia berkata “Penting bagi saya, untuk memiliki sesuatu yang lebih menakjubkan di luar musik. Untuk itulah, saya melakukan hal ini.”

“Saya perlu meneruskan sebuah pertunjukan terbaik yang telah dibangun bersama-sama, kemudian membawanya menuju tingkat yang lebih tinggi. Saya berbicara kepada banyak orang mengenai proyek hologram ini, dan mimpi saya adalah bisa melakukan solo drum dengan Ayah di samping saya. Itu tujuan saya, itu mimpi saya.”

Tantangan terbesarnya, menurut Jason, adalah menemukan materi video asli yang sanggup dikerjakan untuk menjadi sebuah hologram.

”Mereka (Led Zeppelin) besar di 1970; saat itu tidak seperti sekarang, dimana semua orang dapat merekam segalanya menggunakan ponsel atau kamera digital. Saat itu, sekedar merekam saja sudah cukup. Proses edit dan lainnya adalah hal kesekian. Saya berusaha bekerja mengumpulkan rekaman gambar yang saya punya, untuk kemudian digabungkan dengan rekaman gambar yang lain. Saya berharap ini akan berhasil,” ujarnya.

Konsep pertunjukan hologram ini sebetulnya sudah pernah dikerjakan pada 2012, dimana rapper Tupac Shakur yang meninggal ditembak pada 1996, kembali dibangkitkan di festival Coachella.

Beberapa musisi kenamaan juga rencananya akan ‘direinkarnasi’ dengan dibuatkan proyek pertunjukan hologram, seperti: Freddie Mercury, Jim Morrison, John Lennon, Kurt Cobain dan Jimi Hendrix.

Sumber: Rolling Stone