Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tuntut Pemasangan Aliran Air Bersih

Ratusan Warga Tanjungbuntung Geruduk Kantor BP Batam
Oleh : ron/dd
Selasa | 27-11-2012 | 09:21 WIB
demo-tanjungbuntung....gif Honda-Batam
Warga Tanjungbuntung menggelar aksi unjuk rasa di BP Batam.

BATAM, batamtoday - Ratusan warga Tanjungbuntung, Kecamatan Bengkong menggeruduk kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam menuntut pemasangan instalasi air bersih, Selasa (27/11/2012) sekitar pukul 8.30 WIB.


Menurut Linton Sihombing, koordinator warga, mereka telah mengajukan pemasangan instalasi air tersebut sejak 2006 lalu, namun hingga kini belum terealisasikan.

"Alasannya status lahan yang menjadi ganjalan pemasangan instalasi air bersih itu," kata Linton.

Diakuinya bahwa lahan yang ditempati oleh warga merupakan lahan hutan lindung dan telah dihuni sejak lama. Total ada lebih dari 5 ribu kepala keluarga yang menghuni lokasi di tiga RT.

Menurutnya, meski lahan yang dihuni warga merupakan hutan lindung, seharusnya BP Batam mengesampingkan hal tersebut mengingat air merupakan hak dasar kebutuhan manusia.

"Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara untuk kesejahteraan rakyat. Wajar kami meminta karena konstitusi mengaturnya," kata dia.

Dia mengatakan warga yang turun ikut unjuk rasa pada kali ini masih sedikit. Jika nantinya tidak ada perhatian dari BP Batam, maka akan turun lagi di unjuk rasa kemudian dengan massa yang lebih besar.

Hingga berita ini diunggah, aksi tersebut masih berlangsung.