Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mulai Senin Depan, Polres Bintan Kembali Gelar Operasi Keselamatan Seligi 2024
Oleh : Syajarul Rusydy
Jum\'at | 01-03-2024 | 15:44 WIB
Lat-PraOps-Bintan.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Latihan Pra-Operasi Keselamatan Seligi 2024 di Aula Sarja Arya Racana Polres Bintan, Kamis (29/2/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Mulai Senin (4/2/2024), Polres Bintan bakal menggelar Operasi Keselamatan Seligi 2024. Operasi ini berlangsung serentak di seluruh Indonesia, selama 14 hari, dengan sasaran 11 pelanggaran lalu lintas.

Sebelum menjalankan operasi ke lapangan, Polres Bintan terlebih dahulu menggelar latihan pra-operasi yang dipimpin Waka Polres Kompol Amir Hamzah dan diikuti oleh seluruh personel yang terlibat dalam operasi di Aula Sarja Arya Racana Polres Bintan, Kamis (29/2/2024).

Kasat Lantas Polres Bintan, AKP Khafandi, menyampaikan sasaran operasi dibagi 3, yaitu sasaran terhadap orang, benda serta sasaran terhadap tempat dan lokasi

"Kalau terhadap orang yaitu terhadap pengemudi kendaraan roda 2 maupun roda 4. Sedangkan benda yaitu kendaraan yang dikendarai apakah layak atau tidak layak kendaraan tersebut berjalan di jalan raya, demikian juga dengan barang bawaan apakah sudah sesuai dengan dengan daya angkut kendaraan tersebut," tutur AKP Khafandi.

Untuk lokasi atau tempat sasaran oprasi adalah jalan umum, kawasan jalan yang rawan pelanggaran lalu lintas dan kemacetan, selanjutnya daerah rawan kejahatan juga menjadi sasaran kami.

"Tujuan dari operasi ini untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, menekan angka fatalitas korban kecelakaan dan menekan pelanggaran lalu lintas," jelasnya.

Sebanyak 20 personel akan dilibatkan dalam Operasi Keselamatan Seligi 2024, dengan berbagai satuan tugas, antara lain: Satgas 1 yang diemban fungsi lalu lintas dan intelijen; Satgas 2 Preemtif yang diemban fungsi lalu lintas; Satgas 3 Preventif juga diemban oleh fungsi lalu lintas, selanjutnya Satgas 4 yang diemban oleh fungsi Humas dan Propam.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Bintan, Iptu Alson, memberberkan Operasi Keselamatan Seligi 2024 akan digelar selama 14 hari, dimulai 4 Maret - 17 Maret 2024.

Untuk itu, Iptu Alson mengimbau kepada Masyarakat untuk segera mempersiapkan diri dan jangan melakukan pelanggaran lalu lintas. "Kami imbau kepada masyarakat untuk selalu mengikuti peraturan lalu lintas, walaupun tidak hanya pada saat Polri melakukan operasi, tetapi tanamkan dalam diri sendiri bahwa mematuhi peraturan lalu lintas merupakan kunci utama dalam keselamatan lalu lintas serta dapat menekan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas," pesan Kasi Humas Polres Bintan.

Editor: Gokli