Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kamu Startup atau Mahasiswa? Yuk, Daftar Astranauts dari Astra
Oleh : Redaksi
Selasa | 28-03-2023 | 09:24 WIB
0112_starup-astra-0011221.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi Astranauts 2023. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - PT Astra International Tbk (Astra) kembali menggelar Astranauts 2023, ajang pengembangan inovasi di bidang digital dan teknologi untuk para startup dan mahasiswa di Indonesia.

Pada pelaksanaan tahun kedua ini, Astranauts mengangkat tema 'Building A Sustainable Future Through Technology' untuk mencari inovasi di bidang sustainability, edu-tech, emerging tech, health, agribusiness, mobility, fin-tech, logistic, serta media and entertainment.

Adapun pendaftaran ajang ini dibuka mulai dari 8 Maret hingga 30 April 2023 melalui situs https://bit.ly/Astranauts2023xCNBCIndonesia.

"Astra menginisiasi Astranauts untuk mendukung perkembangan inovasi digital bagi startup dan mahasiswa di Indonesia sekaligus menjawab tantangan bisnis dan teknologi yang dapat berkontribusi pada isu sustainability. Hal ini sejalan dengan tujuan Astra membangun keberlanjutan bisnis untuk hari ini dan masa depan Indonesia," ujar Chief of Group Digital Strategy Astra Paul Soegianto.

Target peserta Astranauts adalah seluruh startup dan mahasiswa aktif dengan jenjang diploma, sarjana, atau magister di tanah air. Peserta dari kategori startup harus sudah memiliki Minimum Viable Product (MVP) dan product traction, sementara peserta dari kategori mahasiswa dapat mengajukan ide yang belum diimplementasikan dan belum dikomersialisasikan.

Rangkaian seleksi awal dimulai dari sesi preliminary round, di mana akan dipilih sepuluh finalis dari jalur startup dan mahasiswa. Seluruh finalis kemudian akan mendapatkan sesi mentorship dari para ahli di bidangnya.

Para finalis terpilih akan mempresentasikan startup atau ide bisnis mereka dalam sesi Demo Day dan diakhiri dengan Awarding Astranauts 2023 pada 7 Juni 2023. Selanjutnya, akan diadakan Astranauts Conference pada 8 Juni 2023 dengan berbagai topik menarik dan pembicara ahli di bidangnya.

Astranauts 2023 digelar melalui kerja sama dengan berbagai pihak, antara lain Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, Biofarma, Blue Bird Group, GDP Labs, Sime Darby, MD Entertainment, Google Cloud Indonesia, Meta Indonesia, Microsoft Indonesia, Halodoc, Mapan, Dagangan, eFishery, Rekosistem, Kerry Express Indonesia, Paxel, Waresix, Ayoconnect, Kejora Capital, Plug and Play Indonesia, Arkblu, Kumpul ID, dan Astra Startup Community. Kegiatan ini juga melibatkan Indonesia LPDP Entrepreneurs Club (ILEC) yang akan menjadi mentor, juri dalam Demo Day dan pembicara dalam Astranauts Conference.

Para pemenang Astranauts 2023 kategori startup dan mahasiswa akan mendapatkan hadiah uang tunai senilai total ratusan juta rupiah. Selain itu, para pemenang mendapatkan kesempatan untuk berkolaborasi dan bergabung menjadi bagian dari komunitas startup Astra (Astra Startup Community).

Penyelenggaraan Astranauts dalam mengembangkan ekosistem digital dan tekonologi untuk hari ini dan masa depan Indonesia sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Sumber: CNBC Indonesia
Editor: Dardani