Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Beri Pelatihan Keahlian Generasi Muda di Alam Terbuka

BRC Tanda Tangani MoU dengan Outward Bound Singapura dan Vietnam
Oleh : Harjo
Senin | 20-03-2023 | 15:28 WIB
perjanjian_BRC_b.jpg Honda-Batam
Penandatangan MoU PT BRC dengan Outward Bound Singapura dan Vietnam (Foto: Hajo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - PT Bintan Resor Cakrawala (BRC) bekerjasama dengan Outward Bound Singapura dan Vietnam untuk memaksimalkan keahlian generasi muda lewat pendidikan yang berfokus pada pelatihan karakter di alam terbuka dalam bentuk ekspedisi.

Kerjamasama tersebut dituangkan dalam bentuk MoU yang ditandatangani di Lagoi, Senin (20/3/2023), oleh masing-masing pihak, di antaranya Abdul Wahab, Group General Manager PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) mewakili Kawasan Wisata Bintan Resorts dan Nicholas Conceicao dari Outward Bound Singapore serta Stefan Tan, Executive Director Outward Bound Vietnam.

Penandatanganan MoU tersebut disaksikan oleh Arif Fadhillah, Asisten Pemerintahan dan Kesra mewakili Gubernur Kepri, Bupati Bintan Roby Kurniawan, Vice President Director PT BRC Frans Gunara, dan Chairman of Outward Bound Vietnam Ricky Tan, serta sejumlah pimpinan instansi baik Provinsi Kepri dan Bintan.

Dalam kesempatan tersebut Nicholas Conceicao, Executive Director, Outward Bound Singapore, menyampaikan bahwa institusi pendidikan mereka yang berfokus pada pelatihan karakter di alam terbuka, dalam bentuk ekspedis dan berkeinginan untuk lebih memaksimalkan dalam membina generasi muda.

Dikatakan, ada tujuannya untuk memberikan pondasi kuat, membangun kecakapan fisik, karakter kemandirian dan kepemimpinan agar kaum muda percayadiri dengan kemampuannya, sehingga mampu menghadapi tantangan hidup untuk masa depannya yang sukses.

Sementara Stefan Tan, Executive Director, Outward Bound Vietnam, bahwa KinderWorld International Group tidak pernah berhenti melakukan explorasi, mencari peluang untuk berkolaborasi dengan berbagai mitra dalam rangka memperluas jangkauan pendidikan internasional.

KinderWorld mencari tempat-tempat baru yang potensial untuk program outdoor learning atau pendidikan di alam terbuka yang dikemas dalam program 4 hari 3 malam dalam format ekspedisi.

Dalam pencarian ini, mempertemukan KinderWorld, Outward Bound Singapore dan Outward Bound Vietnam dengan Bintan Resorts.

"Sehingga sebelumnya dilakukan survei, serta pertemuan-pertemuan untuk tujuan merumuskan standar keamanan, dukungan operasional dan program yang tepat untuk tujuan outdoor learning, hingga terjadinya kesepakatan ini," katanya.

Sementara itu, GGM PT BRC Abdul Wahab, menyampaikan Kabupaten Bintan memiliki potensi yang besar, dimana kedekatan Bintan dengan Singapura, menjadi salahsatu penunjang untuk seluruh kegiatan dalam bentuk kerjasama ini.

"Pembicaraan mulai pertengahan 2022 lalu, hingga terjadinya MoU ini. Ekspedisi untuk edukasi di alam terbuka ini, tidak hanya akan dilaksanakan kawasan Bintan Resort, namun juga mencakup Kampung Bintan Enau dan Sekitar Gunung Bintan," ungkapnya.

Dijelaskan juga, kegiatan tersebut tentunya tidak terlepas dari dukungan pemerintah, baik Kepri dan Bintan. Dimana nantinya, di Bintan Resort juga akan dibangun sebuah sekolah sementara, kedepan akan dibangun sekolah melalui yayasan.

Arif Fadila asisten Pemerintahan dan Kesra provinsi Kepri, yang mewakili Gubernur Kepei, menyampaikan pemerintah melalio bebergai cara terus berusaha agar ekonomi Kepri bisa lebih baik.

Dimana saat ini pertumbuhan ekonomi Kepri sudah mencapai 5,9 persen atau rangking ke 4 se- Indonesia,

Hal tersebut tidak terlepas dari hasil kerja keras semua pihak, baik gubernur dan Insan pariwista. Dimana Provinsi Kepri terdiri daei 96 persen laut.

Sehingga Kepri sangat indah, yang dengan sebutan negeri segantang lada. Keindahan tersebut tentunya tidak hanya di Bintan, karena Kepri memiliki 7 kabupaten dan kota.

"Pemprov Kepri terus mendukung, termasuk masa pandemi Covid 19, semua elemen bahu membahu, karena jelas semua keinginan untuk bangkit dan ekonomi bisa kembali dan masyarakatnya sejahtera," harapnya.

Editor: Surya