Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Segera Surati Kapolda Kepri, Kapolresta Barelang dan PB PMII Pusat

Ketua PKC PMII Kepri Sayangkan Tindakan Oknum Polisi Pukuli Anggota PMII Batam Saat Aksi Damai
Oleh : Putra Gema
Senin | 20-03-2023 | 14:24 WIB

BATAMTODAY.COM, Batam - Ketua Pengurus Koordinator Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PKC-PMII) Provinsi Kepri, Muhammad Jasming Agus, menyangkan tindakan pemukulan yang dilakukan oknum Polisi terhadap anggota PMII Batam saat aksi damai di depan Mapolresta Barelang, Senin (20/3/2023).

Dikatakan Muhammad Jasming Agus, tindakan oknum Polisi itu telah mencoreng citra Polri di mata publik, terlebih belakangan ini Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo berulang kali menekankan bahwa anggota Polri tidak boleh arogan dan tidak boleh anti kritik.

"Saya sangat menyayangkan atas tindakan-tindakan yang telah dilakukan oleh Kasat Intelkam Polresta Barelang yang sudah mengeluarkan kata-kata tidak pantas di depan publik dan melakukan tindakan-tindakan pemukulan," kata Agus, Senin (20/3/2023).

Dijelaskannya, puluhan anggota PC PMII Kota Batam bersama warga Belakang Padang melakukan aksi unjuk rasa damai di depan Mapolresta Barelang terkait kasus penipuan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Karya Bhakti Belakang Padang yang hingga saat ini belum juga terselesaikan.

Lanjut Agus, dalam aksi damai tersebut pun terjadi kericuhan, di mana Kasat Intelkam Polresta Barelang bersama anggotanya melakukan tindakan-tindakan pemukulan yang menyebabkan beberapa anggota PMII Kota Batam mengalami luka-luka.

Bahkan, Ketua PC PMII Kota Batam dan Wakil Ketua II PC PMII Kota Batam mendapat tindakan yang tidak mengenakan, seperti dipiting serta dibanting. "Bahwa tindakan pemukulan yang dilakukan Kasat Intelkam Polresta Barelang dan anggotanya terhadap anggota PMII Kota Batam sudah tidak dapat dimaafkan dan dinilai sudah mencoreng jargon Kapolri, yakni PRESISI," tegasnya.

"Padahal Kapolri sudah menegaskan bahwa Polisi tidak boleh arogan dan tidak boleh anti kritik. Tetapi yang terjadi saat ini di Kota Batam malah sebaliknya, di mana para Polisi sudah menjadi arogan dan menjadi anti kritik," imbuh dia.

Atas hal tersebut, dirinya menegaskan secepatnya akan menyurati Kapolda Kepri, Irjen Pol Tabana Bangun dan juga Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho untuk menindak oknum Polisi yang melakukan tindakan-tindakan tidak terpuji tersebut.

"Akan kami surati Kapolda Kepri dan Kapolres untuk menindak oknum-oknum Polisi yang sudah melakukan tindakan tercela ini. Selain itu kami juga akan bersurat kepada PB PMII terkait permasalahan yang tengah terjadi agar hal tersebut dapat ditindaklanjuti PB PMII di tingkat pusat," tutupnya.

Editor: Gokli